Otomobil Elit Jawa: Tatkala Mobil Pertama Muncul di Hindia Belanda

By Galih Pranata, Sabtu, 28 September 2024 | 08:00 WIB
Elit Jawa sangat mencintai dunia otomotif, terlebih kemunculan otomobil yang menarik perhatian. Bahkan, Paku Buwana X (kiri) menjadi raja pertama di dunia yang memiliki otomobil pribadi. (Historiek)

Nationalgeographic.co.id—"...otomobil sampai di depan sebuah rumah sederhana di pinggir jalan besar. Kendaraan yang memasuki pekarangan itu dalam waktu pendek dirubung penduduk. Juga isi rumah ke luar belaka, terheran-heran melihat ada otomobil singgah."

Kutipan tersebut berhasil menggambarkan ketakjuban masyarakat di awal abad ke-20, ketika otomobil mulai masuk ke pedalaman. Ya, Jejak Langkah (1987) gubahan Pramoedya Ananta Toer sukses menggambarkan kehadiran mobil pertama.

Selepas masa velocipede, sepeda onthel, setelahnya masuk otomobil ke Hindia Belanda. Sebutlah hari ini otomobil itu dengan mobil yang lebih familiar. Lantas, bagaimana otomobil masuk pertama kali ke Hindia? Siapa punya?

Dalam catatan yang dirangkum oleh Willem Kooijmans kepada Historiek, ia menulis artikel berjudul De eerste automobiel op Nederlands grondgebied, terbitan 8 April 2024, menyebut bahwa Paku Buwana X dianggap yang pertama memiliki otomobil.

"Pada tahun 1893, Paku Buwono X naik tahta sebagai Soesoehoenan, atau sultan Surakarta. Menjadi salah satu sultan terbesar di Surakarta sampai pada jabatan yang dipegangnya berakhir pada tahun 1939," imbuh Kooijmans.

Hal tersebut juga dikuatkan oleh Peter Post dan May Ling Thio dalam bukunya The Kwee Family of Ciledug (2018) yang menyebut jika "...(Paku Buwana X) dianggap sebagai raja pertama di dunia yang memiliki mobil."

Pada awal tahun 1894, atau setahun setelah naik tahta, Soesoehoenan Surakarta itu diketahui telah mendatangkan otomobil Mercedes dari Jerman, melalui perantaraan department store Pröttel and Co. di Surabaya.

Peter Post juga mengimbuh bukti terkuat itu jika "Pröttel & Co. yang ada di Surabaya, dapat dianggap sebagai dealer mobil pertama di Jawa." Jelas bahwa Jawa memelopori negara asalnya, Hindia Belanda sebagai tempat mobil pertama kali diperkenalkan.

Pröttel & Co. di Surabaya setelahnya memperkenalkan Mercedes Benz sebagai produknya secara komersil pada 1896. Ia menjadi dealer yang terdepan dalam pemasaran otomobil di kawasan Asia.

Setelahnya menyusul Jepang dengan mobil pertama mereka di tahun 1901 dan selanjutnya Siam (kini Thailand), di mana catatan mobil pertama mereka baru diketahui pada tahun 1904.

Keluarga Van Holtke dalam sebuah otomobil di Delanggoe, Karesidenan Soerakarta. (KITLV)

Baca Juga: Ambtenaar: Seistimewa Apa Pegawai Negeri di Zaman Hindia Belanda?