6 Konsep Cinta dalam Mitologi Yunani: Philia Hingga Philautia

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 19 Oktober 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi konsep cinta dalam mitologi Yunani. Konsep tersebut mulai dari Philia atau persahabatan yang mendalam hingga Philautia atau mencintai diri sendiri. (AI for National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Orang-orang Yunani Kuno mengenal 6 konsep cinta yang bersumber dari mitologi Yunani. Konsep tersebut mulai dari Philia atau persahabatan yang mendalam hingga Philautia atau mencintai diri sendiri.

Pakar budaya, Roman Krznaric menulis untuk Greek Reporter tentang 6 konsep cinta tersebut. Konsep yang bagi orang Yunani kuno telah menjelaskan bahwa cinta itu relatif dan tidak mutlak.

Orang Yunani kuno sama canggihnya dalam cara mereka berbicara tentang cinta, mengenali enam jenis emosi manusia yang paling penting.

Mereka akan terkejut dengan kekasaran kita dalam menggunakan satu kata untuk berbisik "aku cinta padamu" saat makan malam dengan penerangan lilin.

Konsep cinta orang Yunani kuno tersebut dapat menginspirasi kita untuk keluar dari kecanduan kita saat ini terhadap cinta romantis. Cinta yang membuat 94 persen anak muda berharap dan sering kali gagal untuk menemukan belahan jiwa yang unik yang dapat memuaskan semua kebutuhan emosional mereka.

Lantas apa saja enam konsep cinta yang dikenal oleh orang Yunani kuno itu?

1. Philia, atau persahabatan yang mendalam

Jenis cinta pertama dalam mitologi Yunani adalah philia atau persahabatan yang mendalam. Konsep cinta ini sangat dihargai oleh orang Yunani daripada konsep cinta yang lain.

Philia menyangkut persahabatan yang mendalam yang terjalin antara saudara seperjuangan yang telah berjuang berdampingan di medan perang.

Ini tentang menunjukkan kesetiaan kepada teman-teman Anda, bersedia berkorban untuk mereka, serta berbagi emosi dengan mereka.

Jenis philia lainnya, terkadang disebut storge, mewujudkan cinta antara orang tua dan anak-anak mereka.

Baca Juga: Selidik Kisah Cinta Pahlawan Mitologi Yunani Achilles dan Ratu Amazon