Sering Merasa Lelah dan Lesu? Konsumsi 7 Makanan Penambah Energi Ini

By Lutfi Fauziah, Rabu, 23 Mei 2018 | 14:58 WIB
Jus dari sebuah lemon dapat menyediakan 40 persen kebutuhan vitamin C harian Anda (AlexPro9500)

Apakah Anda sering merasa lesu di tempat kerja, atau terus-menerus mengantuk sepanjang hari?

Mungkin Anda perlu mengubah pola makan untuk melawan kelelahan yang konstan. Daripada mengonsumsi secangkir kopi tambahan, coba tambahkan 7 makanan ini dalam diet Anda.

1. Lemon

Sulit untuk membayangkan minuman selain kopi yang bisa memberi Anda tambahan energi di pagi hari, namun segelas air lemon layak dicoba. Jus dari sebuah lemon dapat menyediakan 40 persen kebutuhan vitamin C harian Anda, dan asupan kalorinya relatif rendah.

Menambahkan lemon pada menu diet juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah lonjakan insulin, dan menyediakan cukup kalium untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan saraf.

Baca juga: Konsumsi Telur Menurunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

2. Biji chia

Biji chia memberi Anda energi  yang stabil karena rasio protein, lemak, dan seratnya yang luar biasa dikombinasikan dengan fakta bahwa mereka rendah karbohidrat. Biji chia juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah makan berlebihan, alasan utama mengapa orang bisa jadi lebih lesu jauh sebelum jam tidur.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber serat terbaik. Makanan ini dapat menyediakan energi yang tahan lama karena seratnya yang menyeimbangkan gula darah. Terutama bagi vegetarian, kacang-kacangan dapat menjadi sumber protein alternative yang biasanya berasal dari daging merah.

4. Bayam

Zat besi membantu sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Kelelahan yang berkepanjangan sering kali disebabkan oleh kekurangan zat besi. Sayur-sayuran berdaun hijau dianggap makanan yang dapat meningkatkan zat besi secara cepat. Bayam juga mengandung magnesium, mineral penting untuk proses menghasilkan energi dalam tubuh.