7 Makanan Ini Dapat Membuat Anda Bahagia Ketika Sedang Bersedih

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 6 Juni 2018 | 14:44 WIB
(Thinkstock)

Saat suasana hati sedang buruk, beberapa dari kita mungkin akan menyantap makanan kesukaan untuk mengoreksi suasana hati.

Mengonsumsi makanan favorit memang tidak salah, namun akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat memicu munculnya hormon dopamine.

Baca juga: Benarkah Alien Memiliki Bahasa Universal Seperti yang Ada di Bumi?

Makanan jenis ini akan mendatangkan perasaan bahagia.

1. Makanan Alami

Sebisa mungkin konsumsi makanan alami bikinan sendiri—bila memungkinkan, tanam sendiri bahan makanan tersebut. Hindari makanan olahan yang sudah jadi.

"Banyak riset di bidang gizi dan ilmu saraf mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan olahan modern, dapat mengalami peningkatan depresi, kecemasan, perubahan suasana hati, hiperaktivitas dan banyak jenis masalah mental dan emosional," ujar Dr. Drew Ramsey, psikiater dan blogger dari Huffington Post.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon dan ikan lain yang kaya akan asam lemak omega tiga, berperan penting untuk menjaga suasana hati dan kesehatan mental kita.

Riset sudah membuktikan bahwa asam lemak sehat ini memiliki manfaat melindungi tubuh kita dari depresi. Bahkan ada studi lain yang membuktikan asam lemak omega tiga mengurangi kecemasan yang dirasakan mahasiswa kedokteran.

Sumber asam lemak omega tiga juga ada pada ikan kembung yang murah meriah. Asam lemak ini juga dapat ditemukan pada kacang walnut.

Baca juga: Kate Spade Ditemukan Gantung Diri, Kenali Faktor Pemicu Bunuh Diri