NASA Temukan Gundukan Pasir Berwarna Biru di Planet Mars

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 2 Juli 2018 | 19:01 WIB
Gundukan pasir berwarna biru yang ditemukan di Mars. (NASA)

Mars mungkin dikenal sebagai Planet Merah, namun, belum lama ini, NASA justru menemukan ‘gundukan pasir’ berwarna biru. Ini membuat banyak orang bertanya-tanya.

Gambar gundukan biru tersebut diambil oleh kamera HiRise dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) pada 24 Januari 2018 lalu. Mereka menemukannya di wilayah kawah Lyot.

Baca juga: Identitas Objek Antarbintang Misterius Oumuamua Akhirnya Terungkap

Menurut NASA, gundukan pasir berwarna biru tersebut “terbuat dari material halus dan memiliki komposisi berbeda dari sekitarnya”.

Gambar yang dipublikasikan NASA tersebut menarik perhatian publik. Hal ini karena Mars sedang mengalami badai debu raksasa yang bisa mengancam misi NASA di planet tersebut.

Belum lama ini, foto selfie gabungan yang diambil dari wahana luar angkasa Curiosity, memperlihatkan kondisi Mars saat badai debu. Para peneliti menyatakan bahwa itu “belum pernah terjadi sebelumnya” di sana.

Baca juga: Video: Gagal Dideteksi NASA, Asteroid Sebesar 4 Meter Meledak di Rusia

Badai debu telah mendatangkan malapetaka di Mars. Beruntung, rover Curiosity masih baik-baik saja hingga saat ini karena ia bergantung pada plutonium sebagai sumber bahan bakar – bukan sinar matahari.

Namun, rover Opportunity, yang telah berada di Mars selama 15 tahun, tidak seberuntung Curiosity. Ia secara efektif beralih ke ‘mode tidur’ selama badai berlangsung.