Pembantaian Paus Sirip yang Terancam Punah demi Tujuan Komersial

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 3 Juli 2018 | 13:15 WIB
Darah mengalir dari luka di tubuh paus yang disebabkan oleh tombak. (Sea Shepherd via Fox News)

Serangkaian gambar mengerikan yang dipublikasikan oleh aktivis pelindung hewan, Sea Sheperd, menunjukkan pembantaian paus sirip yang terancam punah di Islandia. Mereka telah lama memantau perburuan paus sirip yang dilakukan di negara tersebut – terutama oleh perusahaan Hvalur hf.

Untuk menjalankan aksinya, Hvalur hf memiliki dua kapal untuk memburu paus sirip . Perusahaan ini bahkan memiliki stasiun penangkapan ikan paus di Hvalfjörður, pantai barat Islandia.

Kristján Loftsson, Managing Director Hvalur hf, mengatakan, dengan ribuan paus sirip yang ada di perairan Islandia, perusahaannya hanya menangkap persentase kecil dari keseluruhan populasi di wilayah tersebut.

“Hvalur hf sendiri memiliki kuota 161 paus sirip untuk ditangkap dari jumlah totalnya yang mencapai 40 ribu,” kata Loftsson kepada Fox News.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Arapaima Gigas, Si Ikan Predator

Islandia merupakan satu-satunya negara di mana mamalia laut bisa diburu demi kepentingan komersial. Paus-paus ini boleh diburu selama musim 100 hari yang dimulai sejak 10 Juni lalu.

“Jika Anda seorang petani yang memiliki 40 ribu ternak, Anda pasti juga akan memotong setidaknya 161 ekor setiap tahunnya. Sama seperti stok ikan paus yang sehat tersebut. Ini adalah proses berkelanjutan,” tambahnya.  

Kapal-kapal Hvalur hf telah menangkap tujuh paus sirip dalam musim ini.

(Sea Shepherd)

Perburuan paus yang kontroversial di Islandia tersebut, pernah dihentikan pada 2015. Kala itu, pemerintah Jepang menolak mengimpor paus tangkapan Islandia karena kurangnya penelitian terkait persyaratan kesehatan.

Namun, Sea Sheperd melaporkan, perburuan paus sirip demi tujuan perdagangan, berlangsung kembali belum lama ini.

Padahal, mamalia terbesar kedua di dunia setelah paus biru tersebut termasuk hewan terancam punah.