Mengapa Manusia Bisa Merasa Jika Ada Seseorang yang Menatapnya?

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 10 Juli 2018 | 13:36 WIB
Manusia dapat merasa jika ada seseorang yang sedang menatap mereka (zmescience.com)

Kita semua pasti pernah merasakan seperti sedang ditatap orang lain. Kita pasti akan merasa gelisah atau selalu mencari-cari siapa yang sedang melihat kita.

Tak ada yang salah dengan itu. Reaksi muncul karena otak kita memberi isyarat kalau ada orang yang sedang melihat kita.

Baca juga: Video: Astronaut Jatuh Berkali-kali di Bulan Karena Gravitasi Rendah

"Bukan berasal dari indera keenam, persepsi berasal dari sistem di otak yang khusus untuk mendeteksi di mana posisi orang yang menatap ktia," tulis psikolog sosial Ilan Shrira.

Konsep ini mungkin terdengar membingungkan, tapi itu benar dan merupakan naluri bertahan hidup.

Manusia memiliki sistem yang disebut Sistem Deteksi Tatapan atau Gaze Detection System. Sistem ini sangat sensitif ketika seseorang melihat kita secara langsung. Studi juga telah menemukan bahwa sel-sel tertentu hidup ketika hal ini terjadi.

Persepsi tatapan merupakan kemampuan mengetahui apakah ada seseorang yang sedang menatap kita. Kemampuan ini mungkin datang secara alami, tapi sebenarnya itu bukan hal sederhana. Ada banyak sel yang harus melakukan banyak pekerjaan di dalam otak kita.

Baca juga: 32 Tahun Berlalu, Begini Kondisi Alam di Zona Radioaktif Chernobyl

Ketika 'menangkap' seseorang sedang menatap kita, petunjuk yang kita peroleh sangat sederhana, seperti posisi kepala atau tubuh seseorang.

Jika kepala mereka menoleh atau tubuhnya mengarah kepada kita, sudah jelas kemana pandangan mereka diarahkan. Lebih jelas lagi, ketika tubuh seseorang tak menghadap kita, tetapi kepalanya justru menghadap kita.

Ketika terjadi hal semacam ini, secara otomatis kita akan segera melihat ke mata seseorang untuk mengetahui kemana mereka menatap.

Pupil dan iris manusia lebih gelap dari bagian putih bola mata yang dikenal sebagai sklera, dan kontras inilah yang membuat manusia dapat merasakan tatapan orang lain yang menuju kearahnya.