Unik, Spesies Baru Kelelawar Kuning Ditemukan di Afrika

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 13 Juli 2018 | 11:18 WIB
Kelelawar kuning (P.W Webala)

Dua spesies kelelawar terbaru ditemukan di Kenya, belum lama ini. Uniknya, mereka memiliki warna kuning lemon dan bulu yang sangat halus.

“Mereka sangat imut. Mungkin seperti kelelawar yang biasa Anda lihat di Chicago, namun spesies baru ini memiliki warna kuning yang menakjubkan,” kata Terry Demos, pemimpin penelitian dari Field Museum of Natural History (FMNH).

Hewan dengan genus Scotophilus atau yang juga dikenal kelelawar rumah kuning Afrika ini, biasanya bersarang di atap dan kasau rumah penduduk.

“Mereka sejenis kelelawar yang hidup dengan manusia. Kita tidak akan menyebutnya kelelawar rumah tanpa alasan, bukan?” tambah Bruce Patterson yang juga salah satu peneliti studi.

Baca juga: Calistoga crassicaudata, Tawon Amazon dengan Alat Penyengat Mematikan

Para ilmuwan tidak hanya tertarik karena warna terangnya saja. Kelelawar baru ini dianggap menyimpan petunjuk penting dari pohon keluarga yang sangat rumit.

Para ilmuwan pertama kali menemukan spesies Scotophilus hampir 200 tahun lalu. Sejak saat itu, 21 spesies diidentifikasi di sepanjang Afrika dan Asia Tenggara.

Meskipun dapat terbang, namun kelelawar ini memilih tinggal di satu wilayah tertentu dan tidak pergi jauh untuk menemukan rumah. Ini berkontribusi pada keragaman kelelawar yang ditemukan di sepanjang Afrika.

Bruce Patterson,mengatakan bahwa tidak semua spesies Scotophilus berwarna kuning. Kelelawar pemakan serangga tersebut memiliki beragam warna – mulai dari putih, cokelat, hingga, oranye keemasan.

Namun, karena spesies Scotophilus bisa sangat mirip, proses menentukan lokasi penemuan mereka dan habitatnya menjadi sulit.

Baca juga: Mengapa Buaya Dapat Berukuran Sangat Besar? Ini Penjelasannya

Para peneliti mengumpulkan DNA dari sampel kulit yang diambil dari kelelawar di Kenya, lalu menggunakan data yang sudah ada untuk menyusun daftar spesies dan subspesies yang diketahui (populasi yang secara genetis mirip, tetapi secara geografis terisolasi).