Berbagai Upaya yang Dilakukan Ilmuwan Untuk Menyelamatkan Pisang

By Mar'atus Syarifah, Rabu, 8 Agustus 2018 | 13:58 WIB
Peneliti tengah menyelamatkan pisang dari ancaman penyakit. (gpointstudio/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id Pisang saat ini sedang dihantui oleh kelangkaan. Beberapa penyakit menghampiri buah berwarna kuning ini. Salah satunya adalah penyakit panama. Penyakit berupa infeksi jamur tersebut sedang menyebar di Asia dan Afrika. Bahkan, dikhawatirkan akan segera menyebar ke Amerika.

"Ancaman terbesarnya adalah jutaan orang dari daerah tropis bergantung pada pisang sebagai salah satu komponen makanan mereka, pisang juga merupakan pendorong utama ekonomi pedesaan, menyediakan pekerjaan dan pendapatan bagi pekerja dan petani kecil,” ungkap Silvia Campos, dari Fairtrade International.

Para ilmuwan memutar otak mencari solusi atas permasalahan pisang di dunia. Selain memerangi penyakit, usaha lain juga dilakukan oleh petani pisang dengan berpindah dari area yang tidak terinfeksi.

Baca Juga: Pembunuhan John Lennon Ternyata Telah Direncanakan 2 Bulan Sebelumnya

Untuk memperlambat penyebaran penyakit, tindakan karantina juga dilakukan. Karantina dilakukan dengan membatasi pergerakan orang, peralatan dan bahan tanaman.

Upaya tersebut berhasil di beberapa tempat di Australia. Upaya merawat sepatu, kendaraan pertanian, mesin dan alat dengan disinfektan juga dilakukan agar terbebas dari segala ancaman penyakit.

Ilmuwan juga menemukan cara lain untuk memperlambat penyebaran penyakit, yaitu dengan mendukung mikrobioma tanaman pisang. Para ilmuwan semakin sadar akan pentingnya kesehatan manusia dari mikro-organisme dalam usus manusia.

Sanderson Bellamy, ahli ekologi dari Cardiff University, percaya bahwa keanekaragaman hayati yang lebih besar akan menjadikan pisang lebih tahan terhadap ancaman penyakit. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui penggunaan penutup tanah bervegetasi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, peneliti Australia menemukan tanaman pisang yang dikelilingi dengan vegetasi lebih kuat melawan penyakit daripada tanaman yang dibiarkan sendiri dengan herbisida.

Baca Juga: Menyedihkan, Setiap 25 Menit Satu Gajah di Afrika Mati Dibunuh

Sanderson Bellamy berpendapat, petani besar harus mengikuti langkah petani kecil yang menanam tanaman lain seperti alpukat, mangga, coklat dan jagung di sekitar tanaman pisang mereka. 

"Keragaman tanaman dan jamur serta bakteri yang lebih besar memperkenalkan dinamika ekosistem baru, yang dapat mengurangi tekanan penyakit," kata Bellamy.