Angkasa Pura I Raih 5 Penghargaan Airport Service Quality Awards 2017

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 14 September 2018 | 10:56 WIB
(Dok. Angkasa Pura I)

Nationalgeographic.co.id - Rabu (12/9/2018) lalu, Airports Council International (ACI) secara resmi menyerahkan lima penghargaan prestisius tingkat dunia, Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017 untuk tiga bandara PT Angkasa Pura I (Persero) di Halifax, Nova Scotia, Kanada.

ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada.

Baca Juga : Tiga Jurus Andalan Arief Yahya untuk Majukan Pariwisata Indonesia

Direktur Jenderal ACI World, Angela Gittens secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut kepada Direktur Utama Angkasa Pura I (AP I), Faik Fahmi dalam rangkaian kegiatan ASQ Customer Excellence Global Summit.

Tiga bandara yang dikelola oleh AP I ini berhasil bersaing dengan 127 pengelola bandara di seluruh dunia. Ketiga bandara ini adalah, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (tiga penghargaan), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.

Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mendapatkan tiga penghargaan sekaligus, yakni peringkat pertama bandara terbaik di dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun,  peringkat kedua bandara terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun, dan bandara terbaik di Asia-Pasifik kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

Bagi Bandara I Gusti Ngurah Rai, penghargaan ini bukanlah penghargaan pertama yang mereka terima. Sebelumnya, bandara di Bali ini pernah mendapatkan penghargaan The 3rd World Best Airport by Size 15-25 million dua tahun berturut-turut, yakni pada ASQ Awards 2015 dan ASQ Awards 2016. Tidak hanya itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai juga menyandang gelar The Most Improved Airport in Asia-Pacific pada ASQ Awards 2015.

Bandara Juanda Surabaya, mendapatkan penghargaan peringkat ketiga bandara terbaik di dunia untuk kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

Bandara ketiga yang mendapat penghargaan adalah Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, peringkat kedua bandara terbaik di dunia untuk kategori bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun.

Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara. Sekitar 600 ribu pengguna jasa bandara menjadi partisipan survei ini dalam setiap tahunnya. Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandara di lebih dari 340 bandara (85 negara).

Bandara adalah bisnis yang kompleks. Dalam bisnis ini, Bandara menawarkan berbagai macam produk dan layanan kepada miliaran penumpang setiap tahunnya. Dalam lanskap industri yang dinamis ini, ACI menyediakan alat ukur dan informasi manajemen untuk lebih memahami pandangan pengguna jasa atas apa yang mereka inginkan.

Baca Juga : Gunung Everest Dipenuhi Sampah, Seberapa Parahkah Kondisinya?