9 Festival ini Bisa Menjadi Destinasi Liburan di Akhir Pekan September

By Loretta Novelia Putri, Selasa, 18 September 2018 | 15:26 WIB
Festival Tabut Bengkulu 2018 (Dok. Kemenpar)

Nationalgeographic.co.id – Setelah lelah beraktivitas selama berhari-hari, ada baiknya Anda menyediakan waktu luang untuk berlibur. Seperti yang dilansir dari KompasTravel, inilah sembilan festival yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan di akhir pekan.

1. Festival Batang Hari

Festival ini sebenarnya sebuah parade mode Tengkuluk. Namun, keistimewaan dari festival ini adalah Anda akan dipuaskan dengan keindahan lanskap jembatan-jembatan yang membelah sungai Batang Hari.

Acara ini akan diselenggarakan pada 23 September 2018 di Tanggo Rajo, atau yang biasa disebut dengan AncolJamb, Jambi pada saat matahari tepat di khatulistiwa.

2. Festival Tabut Bengkulu

Festival Tabut ini diadakan untuk memperingati Tahun Baru Islam. Festival yang berlangsung selama 10 hri ini akan menyajikan tempat wisata budaya dan sejarah provinsi Bengkulu.

Selama 10 hari, akan ada berbagai kegiatan yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkeunjung di festival itu, seperti beragam lomba, pawai adat, bazzar produk lokal, dan ritual budaya. Kegiatan utama dari festival ini adalah buang tabut.

Festival Tabut Bengkulu akan berlangsung pada 10 September hingga 20 September 2018 di Lapangan Merdeka, Bengkulu.

Baca Juga : Las Soldaderas, Perempuan-perempuan Perkasa di Balik Revolusi Meksiko

3. Festival Bahari Kepri

Festival ini menyajikan sederetan acara, seperti wisata bahari, alam, sampai budaya. Bukan hanya itu saja, festival ini juga menyajikan permainan tradisional dan produk tradisional.

Festival wisata ini juga berjalan bersamaan dengan program Sail Nasional, di mana yacht dan kapal-kapal akan berlayar untuk memperkenalkan wisata bahari Kepri kepada masyarakat internasional.