Lagi, Facebook Dibobol dan Berdampak Pada 50 Juta Akun Pengguna

By Nesa Alicia, Rabu, 3 Oktober 2018 | 10:31 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (Justin Sullivan/Getty Images/Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Akun Facebook kembali dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebanyak 50 juta akun diretas dan baru diketahui oleh Facebook pada Selasa (25/9/2018) lalu.

Kasus pencurian data oleh Cambridge Analytica seakan membuka isu lemahnya keamanan di perusahaan raksasa ini. Hal ini diumumkan oleh Guy Ronsen, Vice President of Product Management Facebook melalui blog resmi Facebook.

“Tim engineer kami menemukan isu keamanan yang berdampak pada 50 juta akun," kata Ronsen.

Menurut Rosen, kejadian ini dilakukan melalui eksploitasi tiga celah (bug) pada Facebook sejak tahun 2017 lalu. Pertama kali yang ditemukan adalah celah pada “View As”, yakni fitur privasi untuk melihat seperti apa profil mereka bila dilihat oleh orang lain.

Baca Juga : Temuan Planet Nakal, Tidak Mengorbit Bintang dan 12 Kali Lebih Besar dari Jupiter

Celah ini membuat peretas dapat mencuri token akses untuk menguasai akun pengguna. Dengan memegang token ini, para peretas dapat selalu berada dalam keadaan "log in" pada akun tersebut.

Celah kedua terdapat pada fitur pengunggah video. Celah ini adalah efek domino dari celah pertama. Dengan adanya celah ini, pengguna terdorong mengunggah video ulang tahun dalam mode "view as". Dalam mode ini seharusnya pengguna tidak bisa melakukan aksi apapun.

Celah ketiga, yang juga muncul sebagai efek domino celah-celah sebelumnya, adalah beralihnya token akses dari pengguna (sebagai viewer dalam fitur "view as").

Facebook (iStock)

Guy Rosen mengatakan bahwa kombinasi dari ketiga celah inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para peretas untuk mengambil alih akun pengguna. "Kami menanggapi ini dengan serius dan ingin semua orang tahu apa yang terjadi. Kami juga mengambil tindakan cepat untuk melindungi keamanan,” tambah Ronsen.

Facebook kemudian melakukan penyetelan ulang pada token akses 90 juta pengguna. 50 Juta token yang terdampak dan 40 juta token akun yang rentan pada celah ini. Bahkan Facebook juga mematikan fitur "view as" hingga waktu yang belum ditentukan.

Facebook kini harus menanggung konsekuensi, sahamnya anjlok sebanyak 5 persen menjadi 162,57 dollar AS atau sekitar 2,3 juta per saham. Facebook yang merupakan satu dari empat teknologi terbesar di bursa Wall Street harus kehilangan 13 miliar dollar AS atau setara 193 triliun rupiah.