Dampak Buruk Media Sosial: Merasa Dikucilkan dan Membuat Otak Lemot

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 4 Oktober 2018 | 17:36 WIB
Merasa dikucilkan pada akhirnya membuat pikiran kita terhambat. (tommaso79/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Jika scrolling media sosial membuat otak Anda pusing, Anda tidak sendirian.

Saat menelusuri linimasa, terkadang kita melihat percakapan, foto, dan lelucon yang dilemparkan antarteman, di mana kita tidak terlibat di dalamnya.

Menurut sebuah studi terbaru dari Social Science Computer Review, pengamatan ini dapat membuat kita merasa ditinggalkan dan terkucil. Pada akhirnya, perasaan terisolasi tersebut mengganggu kemampuan berpikir rasional kita.

Baca Juga : Kleptomania, Gangguan Mental Yang Membuat Penderita Gemar Mencuri

Para peneliti dari University Buffallo mengobservasi profil 194 orang untuk menguji efek eksklusi sosial terhadap pikiran manusia. Setengah partisipan diminta untuk melihat interaksi kedua temannya di Facebook yang tidak melibatkan mereka. Sementara kelompok satunya melihat postingan tanpa interaksi teman-temannya.

Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang berada di kelompok pertama mengalami emosi negatif. Selain itu, menurut peneliti, mereka juga memiliki “pemikiran yang terhambat” – membuatnya lebih rentan terhadap rangsangan seperti iklan.

Mengapa merasa dikucilkan berpengaruh pada kecerdasan seseorang? Peneliti mengatakan, membentuk hubungan dan menjadi anggota dalam sebuah kelompok adalah dua motivasi mendasar dari perilaku manusia. Oleh sebab itu, kebanyakan dari kita mencurahkan banyak energi untuk menyesuaikan diri.

Beberapa ilmuwan memiliki teori bahwa manusia telah berevolusi secara otomatis untuk merespons hal apa pun yang membuat dirinya merasa dikecualikan. Ini dilakukan demi meminimalkan kemungkinan ditolak.

Pada masyarakat awal, penolakan sosial bisa berupa perbedaan akses ke beberapa sumber daya -- seperti makanan dan tempat tinggal – sehingga sangat berpengaruh hidup dan mati mereka.  

Di masa sekarang, menyesuaikan diri sangat penting bagi manusia. Jadi, ketika kita merasa tidak cocok atau tidak diterima, perasaan negatif biasanya akan meroket.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penolakan dapat menimbulkan konsekuensi psikologis seperti kemarahan, kecemasan, dan mati rasa. Di sinilah fungsi pengaturan otak bekerja untuk membuat kita merasa lebih baik. Redistribusi energi mental tersebut dapat menghambat pikiran cerdas kita untuk sementara.

Baca Juga : Peneliti: Kematian Akibat Selfie Sangat Tinggi, 259 Kasus Sejak 2011