Empat Hektare Hutan di Gunung Bancak Terbakar Akibat Musim Kemarau

By Nesa Alicia, Selasa, 16 Oktober 2018 | 11:01 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan. (ePhotocorp/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Kebakaran terjadi di kawasan hutan di Gunung Bancak, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang menghanguskan lebih dari empat hektare lahan hutan dan kebun warga. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra mengatakan bahwa kebakaran diketahui oleh warga pada Minggu (14/10/2018) siang. 

"Titik api di Gunung Bancak, kemungkinan api berasal dari arah barat Desa Banjarpanjang. Yang terbakar daun kering dan ranting," kata Fery, melansir Kompas.com, Senin (15/10/2018).

Baca Juga : Pertama Kalinya, Ratusan Ubur-ubur Muncul di Perairan Pantai Ancol

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Magetan dibantu oleh TNI dan Polri, serta relawan dan warga berhasil memadamkan api sekitar pukul 22.00 WIB.

Fery menambahkan, pemadaman dilakukan dengan membuat ilaran atau pembersihan lahan kering secara melingkar agar api tidak merembet ke tempat lain. Selain itu, mobil pemadam kebakaran yang dilibatkan hanya satu unit. 

Penanganan api diutamakan di lokasi yang berdekatan dengan permukiman. Beruntung api cepat ditangani dan berangsur padam. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.

Selain kebakaran hutan, kekeringan di Kabupaten Magetan juga membuat dua desa di dua kecamatan mengalami kesulitan air bersih.

Baca Juga : Jangan Abaikan Perubahan Warna Kuku Kaki, Pertanda Adanya Penyakit

Untuk menanggulangi kesulitan air bersih, BPBD Kabupaten Magetan akan menyalurkan air bersih sebanyak 36.000 liter ke dua desa tersebut.

BPBD juga mengimbau agar warga dan pendaki Gunung Lawu untuk tidak membakar lahan dan membuat perapian ketika mendaki.