YouTube Tidak Dapat Diakses? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

By Loretta Novelia Putri, Rabu, 17 Oktober 2018 | 16:32 WIB
cara mengatasi server youtube yang down (pressureUA)

Nationalgeographic.co.id - Pagi ini, Rabu (17/10/2018), sekitar pukul 08.00, YouTube mengalami down atau tidak dapat diakses. Awalnya, gangguan ini hanya menimpa Youtube versi desktop atau situs web. Namun, ketika pengguna mengunjugi situs YouTube, ada pemberitahuan bahwa layanan sedang mengalami gangguan.

Pengguna YouTube masih bisa melihat template pada tab "Recommended". Namun, YouTube tidak bisa memutar video tersebut sama sekali. Tidak lama kemudian, akses via aplikasi mobile juga tidak bisa diakses.

Selain sever down, ada beberapa penyebab mengapa YouTube sering down atau tidak bisa diakes

Baca Juga : Sudah Berhenti Merokok, Masihkah Berpotensi Terkena Kanker Paru-paru?

  1. Data aplikasi YouTube penuh

Penyebab ini terjadi pada pengguna smartphone, faktor penyebab yang paling sering terjadi karena aplikasi YouTube yang penuh. Biasanya hal ini disebabkan karena terlalu banyak mendownload video untuk ditonton secara offline.

Selain itu, bisa juga karena banyaknya cache yang membuat YouTube sulit untuk dibuka. Biasanya cache yang banyak juga bisa membuat pengguna sulit untuk memutar video.

  1. Aplikasi YouTube tidak diperbarui

Walau YouTube pada beberapa smartphone merupakan aplikasi bawaan, tetapi nyatanya pengguna smartphone harus mengupdate sendiri aplikasi YouTube di playstore.

Namun, bukan berarti semuanya harus diperbarui sendiri, hal ini terjadi hanya untuk pengguna kuota dasar saja. Ketika menggunakan wifi, YouTube akan secara otomatis melakukan pembaruan. Oleh sebab itu lakukan pengecekan manual apakah aplikasi YouTube tersebut sudah diuperbarui atau belum.

  1. Memori internal penuh

Memori internal yang penuh dapat membuat sistem smartphone tidak stabil. Ini terjadi karena sistem memori yang penuh, tidak ada ruang, dapat membuat smartphone cepat kepanasan, akibatnya akan ada banyak applikasi yang bermasalah.

  1. Terjangkit virus

YouTube yang tidak bisa diakses juga bisa disebabkan oleh virus. Virus merupakan salah satu penyebab yang membuat software beserta hardware rusak sehingga YouTube tidak bisa diakses.

Pada smartphone, tandanya adalah aplikasi tertutup sendiri dan smartphone cepat panas, padahal hanya YouTube saja yang dibuka pada saat itu.

  1. Browser memiliki banyak data yang membuat berat

Bagi pengguna laptop, komputer dan smartphone yang membuka YouTube di browser, seringkali browser memiliki banyak data dan cache yang bisa membuat browser sulit untuk mengakses suatu situs.