Boeing 737 MAX 8, Pesawat Baru Lion Air yang Jatuh di Utara Jawa

By Loretta Novelia Putri, Selasa, 30 Oktober 2018 | 12:29 WIB
penampilan pesawat lion air max 8 ()

Nationalgeographic.co.id - Badan Nasional Pencarian dan Pertologan (BASARNAS), telah memastikan bahwa pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh pada Senin (29/10) pagi, di laut utara Jawa.

Sebelumnya, diketahui bahwa pesawat hilang kontak pada pukul 06.33 WIB, 13 menit setelah lepas landas. Sebanyak 189 orang penumpang berada di dalam pesawat.

Agus selaku operasional Basarnas mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari ATC Bandara Soekarno Hatta. Setelah itu, Basarnas langsung mengerahkan personel dan kapal untuk mencari pesawat tersebut.

Baca Juga : Pengamat Penerbangan: Ada Dua Kemungkinan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT-610

Pesawat Boeing 737 MAX 8 yang jatuh sebenarnya pesawat baru yang dimiliki oleh maskapai bergambar singa ini. Boeing 737 MAX 8 pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2017. Sementara itu, pesawat pesanan Lion Air baru tiba dan dioperasikan pada pertengahan bulan Agustus 2018. Pesawat beregistrasi PK-LQP tersebut dikirimkan langsung dari Boeing Company di Seattle, Amerika Serikat.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono bahkan mengatakan bahwa Lion Air JT-610 tercatat baru terbang sebanyak 800 jam terbang.

Lion Air sendiri memesan 50 pesawat dengan jenis yang sama. Tidak hanya Lion Air, pesawat yang dikatakan dapat lebih tenang menembus awan ini sudah dioperasikan oleh 28 operator penerbangan.

Winglet Boeing 737 Max 8 (fox42kptm.com)

Satu perbedaan yang paling mencolok adalah bentuk winglet atau ujung sayap pesawat yang seakan terbelah menjadi dua bagian, satu menjorok ke atas, dan yang satunya menjorok ke bawah. Bentuk baru ini berperan dalam pengurangan guncangan atau turbulensi saat pesawat dalam kecepatan tinggi ataupun tengah menembus awan.

Tidak hanya ketenangan dalam menembus awan, 180 hingga 189 kursi penumpang dengan leg room yang lebih luas juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan kenyamanan di dalam toilet juga mengalami peningkatan. Toilet dilengkapi dengan mode autodrain yang membuat toilet selalu dalam keadaan kering.

Mesin pesawat pun dirancang untuk lebih ringan dan efisien dalam konsumsi bahan bakar. Dikutip dari Liputan6, Bambang Gunawan, Deputy Director Operation of Lion Air mengatakan bahwa hal ini berdampak pada harga tiket perjalanan yang menjadi lebih murah dibandingkan dengan maskapai yang menggunakan pesawat jenis lain. "Fuel 20 persen lebih  irit."

(Aviation Today)

Dengan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit ini, Boeing 737 MAX 8 dapat terbang hingga 6.500 km.