National Geographic Indonesia Berkolaborasi untuk Mengedukasi di Bandung

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 30 Oktober 2018 | 10:56 WIB
(Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Sahabat, Anda mungkin mengingat betul tagar yang kami gunakan untuk menyerukan keberpihakan kita pada Bumi. Ya, #SayaPilihBumi. Berangkat dari kegelisahan akan permasalahan sampah plastik, kami bergerak untuk menyerukan aksi membantu Bumi dari permasalahan ini. Meski begitu, kami ingin gerakan ini menjadi gerakan bersama, bukan gerakan milik National Geographic Indonesia.

“Kami tidak ingin menyebut bahwa tagar ini adalah milik kami. Namun kami ingin tagar ini menjadi milik bersama, kita semua,” ucap Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia dalam sebuah diskusi bertajuk “Berbagi Cerita untuk Bumi yang Lebih Baik”.Sore itu, Minggu (28/10/2018), National Geographic Indonesia bersama dengan Clean Action, dan The Lodge Fondation asyik berdiskusi bersama sejumlah orang yang peduli terhadap Bumi. Bertempat di Eiger Store, Jalan Sumatera, Bandung, kami berdiskusi dan bertukar pendapat mengenai permasalahan sampah plastik. Saking asyiknya, hujan deras yang mengguyur Bandung sore itu pun tidak menghentikan kegiatan kami.Didi Kaspi Kasim dari National Geographic Indonesia, Ari Rizki Nugraha dari Clean Action, dan Cecep Supriadi bersama Taufik Aditya dari The Lodge Foundation dihujani pertanyaan pada sore hari itu. Berbagai pertanyaan dan pernyataan yang terlontar memberikan secercah harapan mengenai masih adanya masyarakat yang memiliki kesadaran untuk membantu Bumi dari ancaman penggunaan plastik sekali pakai.

Baca Juga : Pengamat Penerbangan: Ada Dua Kemungkinan Penyebab Jatuhnya Lion Air JT-610

Suasana diskusi. (Diky Wahyudi Lubis)

Setidaknya ada dua orang peserta diskusi yang tengah melakukan edukasi mengenai permasalahan ini. Salah satu dari mereka bahkan mengatakan bahwa ia sedang memulai sebuah program bank sampah. Sementara itu, satu peserta juga bercerita mengenai gerakan yang ia lakukan untuk mengedukasi anak-anak, dengan harapan dapat membentuk generasi penerus yang peduli akan permasalahan sampah plastik.Diskusi ini sebenarnya penutup dari rangkaian acara kami, National Geographic Indonesia, di Bandung. Pagi hari di hari yang sama, tepatnya pukul 08.00, kami bersama dengan Clean Action dan sejumlah orang dari berbagai komunitas, berjalan dari Eiger Store Dago menyusuri jalur Car Free Day Bandung. Sama seperti dua kegiatan serupa yang kami lakukan di Jakarta, kegiatan ini juga bertujuan untuk memungut sampah plastik dari jalanan.

Kemasan plastik sekali pakai masih mendominasi. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)
Sampah brosur banyak ditemukan di jalan. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Ada hal yang serupa dengan apa yang kami temukan di Jakarta, yakni sampah plastik kemasan makanan dan minuman yang mendominasi temuan sampah ini. Saringan (puntung) rokok juga banyak kami temukan. Namun satu hal yang berbeda, kami menemukan banyak sekali pamflet ataupun brosur yang tergeletak di tengah jalan dan trotoar. “Padahal ada aturan kalau di CFD tidak boleh membagi-bagikan brosur,” ucap Rizky, Clean Action, sambil memungut sampah-sampah tersebut.

Simpang layang Pasupati hingga simpang Jalan Dayang Sumbi—kemudian kembali—menjadi rute tujuan kami. Berat total sampah plastik yang berhasil kami angkut adalah 31 kg yang berasal dari 3 km jarak yang kami susuri. Memang jumlah yang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan sampah plastik yang kami kumpulkan pada Car Free Day Jakarta, 165 kg, dengan jarak yang serupa. Namun angka tersebut tetap menunjukkan adanya kecenderungan masyarakat untuk membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Tidak, kami tidak bertujuan untuk membersihkan jalanan dari sampah plastik. Kami tahu apa yang kami lakukan ini kecil. Namun kami ingin membangkitkan kesadaran masyarat mengenai perilaku penggunaan plastik sekali pakai,” ucap Didi ketika ditanya mengenai tujuan dari kegiatan ini.

32 kg sampah plastik berhasil dikumpulkan. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Sebagian peserta kegiatan pungut sampah plastik. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Baca Juga : Spesies Burung Terbaru Ditemukan di Pulau Rote, Apa Keunikannya?