Mobile Photography, Kiat dan Tips untuk Memaksimalkan Hasil Foto

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 9 November 2018 | 00:00 WIB
Kamera dalam ponsel tidak membatasi kreativitas fotografer. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Sejak prinsip optik dan fotografi ditemukan, rasanya beberapa tahun ini adalah tahun yang paling memudahkan para pegiat fotografi. Bukan tanpa alasan, sejak kamera sudah disatukan dengan ponsel pintar, semua orang bisa menjadi fotografer. Bahkan berbagai fitur yang semakin berkembang pun memudahkan semua orang dalam memotret. Hanya dengan satu sentuhan, kamera ponsel kita dapat menentukan mode yang sesuai untuk mengambil gambar.

Kemudahan ini sejatinya bukan untuk membuat kita menjadi berhenti untuk memperkaya wawasan fotografi, terutama terkait dengan "senjata" itu sendiri. Memang tidak semua orang harus menguasai penggunaan kamera DSLR, mengingat kamera dalam ponsel pintar diniali cukup mewakili penggunaan harian mereka dalam mengabadikan gambar.

Baca Juga : Foto-foto Pemimpin Perempuan dari Area Pedalaman Hingga Negara Modern

Namun bila Anda memilih untuk memotret menggunakan ponsel pintar, ada baiknya Anda juga meningkatkan kemampuan pengambilan gambar. Sayang rasanya bila semua pengalaman dan peristiwa yang terekam, hanya tergambar dengan kualitas seadanya. Untuk menghasilkan gambar yang baik, berikut ini kami rangkumkan beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

1. Kebersihan lensa

Pastikan lensa selalu dalam keadaan bersih. (Bhisma Adinaya/National Geographic Indonesia)

Banyak pengguna ponsel pintar tidak menyadari bahwa lensa kamera di ponsel mereka dalam keadaan berminyak. Sentuhan jari menjadi pelaku utama. Oleh karena itu, sebelum memotret, pastikan bahwa lensa ponsel Anda dalam keadaan yang bersih agar cahaya yang masuk tidak terbiaskan oleh lapisan minyak atau kotoran lainnya.

Tidak harus menggunakan pembersih khusus, gunakan saja kain katun yang biasanya menjadi bahan dasar kaos. Lap lensa kamera Anda dengan perlahan, pastikan bahwa kaos tidak dalam keadaan basah atau kotor.

2. Pelindung lensa

Ponsel pintar baru memang seringkali membuat penggunanya was-was atas risiko kerusakan. Salah satunya adalah baret ataupun pecah pada bagian lensa kamera. Oleh sebab itu banyak dari pengguna kemudian menempelkan lapisan pelindung pada sisi luar lensa.

Hal ini memang tidak salah untuk alasan keamanan lensa, tetapi lapisan pelindung dengan bahan yang buruk justru akan menurunkan kualitas gambar yang Anda ambil. Cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera ponsel Anda akan "rusak" ketika melewati lapisan pelindung tadi. Bila hal ini menjadi masalah, ada baiknya Anda memilih untuk membeli pelindung yang memang memiliki kualitas baik.

Baca Juga : Virginia Hall, Mata-mata Perempuan Paling Berbahaya di Perang Dunia II