Nationalgeographic.co.id—Di dunia Romawi ada banyak cara berbeda untuk memaksa seseorang menjadi budak. Ini termasuk anak-anak yang lahir dalam perbudakan, orang-orang yang ditangkap dalam perang, individu yang dijual atau menjual diri mereka sendiri ke dalam perbudakan dan bayi yang ditinggalkan saat lahir.
Yang kurang umum adalah anak-anak yang dijual oleh orang tuanya, orang-orang yang diperbudak karena utang atau sebagai hukuman atas kejahatan, dan orang-orang yang menjadi korban penculikan dan pembajakan. Ada dua pasar perbudakan di kota Roma kuno, sebagaimana dilansir British Museum. Salah satunya di dekat Kuil Castor di Forum, yang lain di dekat Saepta Julia di Campus Martius.
Banyak orang tawanan perang yang diperbudak, terutama selama periode Republik (509 Sebelum Masehi hingga 27 Sebelum Masehi). Akibatnya, asal-usul mereka yang diperbudak bergeser seiring dengan ekspansi geografis Romawi.
Pengamanan Augustus di Mediterania, pada akhir abad ke-1 SM, mengurangi jumlah orang-orang yang diperbudak melalui peperangan. Namun, pasokan tawanan terus berlanjut berkat penaklukan wilayah baru seperti Inggris dan Dacia (sekarang Rumania), perang perbatasan, dan penindasan pemberontakan.
Orang-orang Romawi juga memperdagangkan orang yang diperbudak melintasi dan di dalam perbatasan wilayah Romawi. Pada masa kekaisaran (27 Sebelum Masehi hingga 476 Masehi), orang-orang impor dapat datang dari daerah-daerah di luar perbatasan Romawi – Irlandia, Skotlandia, negara-negara Eropa Timur yang berbatasan dengan Rhine dan Danube, wilayah Laut Hitam, Semenanjung Arab, dan Afrika.
Orang-orang yang diperbudak juga bisa datang dari dalam perbatasan kekaisaran Romawi, misalnya dari Thrace, Asia Kecil dan Syria. Seperti disebutkan oleh penulis Romawi Varro, kota Efesus (di pantai Turki modern) adalah pusat perdagangan budak Romawi. Ketika penulis Romawi merujuk asal orang yang diperbudak, biasanya itu adalah provinsi di perbatasan kekaisaran, seperti Cappadocia dan Frigia (keduanya Turki modern) atau Suriah.
Pertanyaan tentang ras dan perbudakan di zaman Romawi adalah pertanyaan yang kompleks. Di dunia Romawi, orang-orang yang diperbudak berasal dari berbagai latar belakang etnis, seringkali sama dengan tuan mereka. Para pedagang harus mengungkapkan asal (natio) orang-orang yang mereka jual, yang menunjukkan bahwa orang-orang Romawi melihat karakteristik pribadi tertentu, kekuatan fisik, karakter dan perilaku, yang terkait dengan dari mana seseorang berasal. Ini pada gilirannya dapat menghalangi atau mendorong para pembeli.
Seberapa penting perbudakan di dunia Romawi?
Kisah perbudakan di Romawi kuno terdokumentasikan dengan baik. Berbagai sumber sastra, dokumen hukum, prasasti dan representasi artistik menunjukkan betapa umum orang-orang yang diperbudak dalam kehidupan sehari-hari. Namun kami tidak tahu angka pasti jumlah budak Romawi, sehingga sulit untuk memahami sepenuhnya pentingnya mereka bagi masyarakat Romawi dan ekonominya.
Para ahli memperkirakan sekitar 10% (tetapi mungkin hingga 20%) dari populasi kekaisaran Romawi diperbudak. Ini berarti, untuk perkiraan populasi kekaisaran Romawi 50 juta pada abad pertama Masehi, antara lima dan sepuluh juta orang di sana diperbudak. Jumlah ini akan didistribusikan secara tidak merata di seluruh kekaisaran, dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari orang-orang yang diperbudak di daerah perkotaan dan di Italia.
Bukti-bukti yang bertahan menunjukkan bahwa orang-orang yang diperbudak memiliki berbagai pekerjaan. Banyak yang melakukan pekerjaan kasar di bawah pengawasan ketat, tetapi mereka juga dapat melakukan aktivitas yang lebih khusus dengan tingkat otonomi yang lebih tinggi. Beberapa sangat otonom dan bahkan bertanggung jawab atas orang lain yang diperbudak, yang dikenal sebagai dicarii.
Source | : | ancient origins,British Museum |
Penulis | : | Utomo Priyambodo |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR