Nationalgeographic.co.id—Apa salah satu simbol paling megah dari perubahan identitas Kekaisaran Ottoman pada abad ke-19? Salah satu jawabnya, Istana Dolmabahçe Istanbul yang masih berdiri dengan kokoh di usianya yang ke-167.
Pada masa pemerintahan Sultan Abdülmecid I, istana pesisir Beşiktaş dirasa kurang dari segi fungsi. Peletakan batu pertama Istana Dolmabahçe dan proses pendiriannya secara resmi dimulai pada 13 Juni 1843.
Arsitek penting pada masa itu, Abdülhalim Bey, Altunizade İsmail Zühtü Pasha, Karabet Balyan, Ohannes Serveryan, Nikoğos Balyan dan James William berpartisipasi dalam proses pembangunan istana nun megah itu.
Dengan pemandangan spektakuler dan terbentang seluas 110.000 meter persegi di tepi pantai, Istana Dolmabahçe dibuka untuk digunakan pada 7 Juni 1856.
"Fakta bahwa kediaman penguasa Ottoman dipindahkan ke Dolmabahçe dari Istana Topkapi menunjukkan pergeseran dalam kehidupan politik dan sosial Ottoman," tulis Anadolu kepada Daily Sabah dalam sebuah artikel berjudul Silent witness of 166 years of history: Dolmabahçe Palace yang diterbitkan pada 9 Juni 2022.
Anadolu meneruskan bahwa "struktur Istana Dolmabahçe yang dipadukan dengan arsitektur gaya Barat mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang berubah dalam masyarakat dalam hal gagasan dan semangat."
Istana Dolmabahçe yang terbagi menjadi tiga bagian terdiri dari kantor administrasi (Mabeyn-i Humayun), tempat penyelenggaraan urusan administrasi negara, harem (Harem-i Humayun) milik kehidupan pribadi sultan dan keluarganya, dan pakaian upacara (Muayede Salonu) disediakan untuk upacara kenegaraan penting sultan di antara dua bagian ini.
Kemegahan Istana Dolmabahçe tergambar jelas dengan tersedianya 285 kamar, 44 aula, 68 kamar mandi, enam pemandian Turki, dan enam balkon. Ia menjadi istana terbesar yang pernah berdiri di Turki.
Itu juga mencerminkan gaya arsitektur rococo, baroque dan neoklasik, berbeda dari Istana Topkapı dalam hal perencanaan arsitekturalnya. Istana Topkapı dirancang melalui perluasan dan rekonstruksi, tata letak yang telah ditentukan sebelumnya diterapkan untuk Dolmabahçe.
Dinding luar Istana Dolmabahçe terbuat dari batu, dan dinding dalamnya terbuat dari batu bata. Lantainya terbuat dari kayu dan bahan lain seperti batu Sarıyer, Foça (Phokaia) dan Karamürsel, serta batu dari Marseille dan Trieste.
Sedangkan untuk marmer, marmer Marmara lebih disukai. Langit-langit istana umumnya terbuat dari kayu atau timah; namun, penutup atap tangga kristal, bagian istana yang paling megah, adalah kaca langit-langit berkubah.
Begitu juga tangga menuju lantai atas dari aula masuk (Salon Medhal), pintu masuk utama, sangat penting dalam tata letak istana. Spindel pegangan tangga terbuat dari kristal, melengkung dengan gaya barok, dan tangga diterangi oleh lampu kristal yang megah.
Selama proses westernisasi, Kekaisaran Ottoman mementingkan produk kaca dalam dekorasi istana. Di antara yang paling penting adalah Baccarat Prancis dan lampu gantung buatan Inggris.
"Dari barang sehari-hari hingga karya arsitektural, setiap bagian strukturnya menarik perhatian dengan kilauan kristal yang memesona," imbuhnya.
Bagian paling megah yang mencerminkan tren ini adalah aula upacara (Muayede salonu). Aula ini, tempat diadakannya upacara kemeriahan, terkadang digunakan sebagai tempat jamuan makan tamu resmi dari negara asing.
Lampu gantung kristal besar di aula adalah bagian paling favorit dalam menyambut segenap tamu-tamu kehormatan dan semakin menonjolkan volume aula istana yang paling luas dan tertinggi.
Lampu gantung tersebut dipesan dari Inggris oleh Sultan Abdülmecid pada tahun 1852 dan mencapai Istanbul sekitar satu setengah tahun kemudian. Lampu gantung unik seberat 4,5 ton dengan 664 tempat lilin ini dirancang oleh Frederick Rixon di London dan diproduksi oleh Hancock Rixon & Dunt.
Lampu gantung megah ini tiba di Istanbul dari Inggris dengan 67 suku cadang dalam satu peti. Dua pengrajin Inggris mampu memasang kandil dalam dua bulan.
Istana Dolmabahçe menunjukkan proses westernisasi dan pembaharuan, yang dimulai dengan Sultan Ahmed III pada abad ke-19, dan merupakan simbol modernisasi pada saat yang sama.
Setelah deklarasi republik, itu mulai digunakan sebagai kantor presiden. Atatürk tinggal di Istana Dolmabahçe selama empat tahun, dan istana tersebut menampung banyak tamu asing dan sejumlah kongres bersejarah.
Baca Juga: Dokumentasi Hagia Sophia, Jejak Kekaisaran Bizantium Hingga Ottoman
Baca Juga: Rahasia Gelap Kekaisaran Ottoman, Ada Tradisi Pembunuhan Saudara
Baca Juga: Gairah Sepak Bola di Kekaisaran Ottoman Lahir dari Bangsa Asing
Baca Juga: Orang Yunani Mengabaikan Jejak Masjid Warisan Ottoman di Chios
Begitu pun tatkala Mustafa Kemal Atatürk meninggal di Kamar 71, yang dia gunakan antara tahun 1927-1938. Ratusan ribu orang lantas mengunjungi Istana Dolmabahçe setelah kematiannya.
Güller Karahüseyin, kepala Departemen Museologi dan Publisitas Direktorat Istana Nasional, menceritakan kepada koresponden Anadolu Agency (AA) tentang kisah pembangunan Istana Dolmabahçe dan elemen-elemen penting yang terkandung di dalamnya.
Karahüseyin menegaskan, "meskipun Istana Dolmabahçe terlihat seperti istana Barat jika dilihat dari luar, detail tradisi dan budaya Ottoman tercermin secara luas, Sejarawan menekankan bahwa istana tersebut dirancang sesuai dengan denah rumah tradisional Turki."
Istana tersebut dirancang sesuai dengan denah rumah tradisional Turki. hampir 8.000 orang dari banyak negara mengunjungi Istana Dolmabahçe, yang kini berfungsi sebagai museum, setiap hari.
Source | : | Daily Sabah |
Penulis | : | Galih Pranata |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR