Nationalgeographic.co.id – Kampanye ikonik Coca-Cola bertajuk “Share a Coke” kembali hadir di Indonesia dengan konsep yang lebih segar dan interaktif.
Sebagai informasi, kampanye ini menghadirkan konsep unik dengan mencetak nama-nama pribadi langsung pada label kemasan, menggantikan logo ikonis Coca-Cola.
Kampanye “Share a Coke” pertama kali digagas oleh Coca-Cola secara global pada 2011 dan mulai diperkenalkan di Indonesia pada 2015.
Kini, Coca-Cola kembali membangkitkan semangat kebersamaan melalui kampanye tersebut, dengan pengalaman yang lebih personal dan relevan, terutama bagi generasi muda seperti Gen Z.
Frontline Marketing Director Coca-Cola Indonesia Fitriana Adhisti mengatakan, kembalinya kampanye “Share a Coke” sejalan dengan adanya temuan dari riset internal Coca-Cola tentang Genz Z.
Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 72 persen Gen Z menginginkan koneksi yang autentik dalam berinteraksi, mengekspresikan diri, membangun kedekatan, serta berbagi momen kebersamaan yang bermakna melalui cara yang relevan dengan gaya hidup mereka.
Baca Juga: Sustainability: Pengertian Pembangunan Berkelanjutan, Bukan Sekadar Lingkungan
“Kami memahami pentingnya koneksi tulus di era digital seperti sekarang. ‘Share a Coke’ mengajak masyarakat untuk menciptakan kenangan berharga bersama melalui momen-momen sederhana namun bermakna,” ujar Fitriana.
Untuk menjawab keinginan tersebut, sebanyak lebih dari 190 nama dan sapaan telah dicetak Coca Cola pada kemasan botol dan kaleng Coca-Cola.
Produk kustom tersebut telah disebar ke berbagai minimarket, supermarket, restoran cepat saji, bioskop, platform e-commerce, hingga tempat-tempat nongkrong anak muda di seluruh Indonesia.
“Kampanye 'Share a Coke' hadir lagi dengan sentuhan lebih personal, sederhana tapi bermakna, sehingga semua konsumen bisa ekspresikan rasa peduli,” tambahnya.
Share a Coke Personalisation Hubs
Tidak hanya mengubah botol dan kaleng kemasan, Coca-Cola juga menghadirkan Share a Coke Personalisation Hubs, sebuah wahana interaktif yang memungkinkan konsumen mencetak nama mereka secara langsung pada kemasan kaleng Coca-Cola.
Program ini hadir di Taman Literasi, Jakarta mulai Jumat (18/4/2025), dan akan dilanjutkan ke Bandung serta kota-kota lainnya.
Untuk menambah keseruan, Coca-Cola juga menggelar program undian berhadiah miliaran rupiah melalui promosi kode unik di balik tutup botol atau Under-the-Cap Promotion.
Konsumen cukup membeli produk Coca-Cola botol ukuran 390 ml atau 1 liter, mengecek kode unik di balik tutup, lalu memindai quick response code (QR code) dan mengisi kode tersebut melalui situs www.coca-cola.com hingga 30 Juni 2025.
Kampanye ini juga menggandeng sejumlah influencer ternama, termasuk Ben Sumadiwiria atau yang lebih dikenal sebagai Bobby Saputra.
“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari kampanye yang begitu dekat dengan masyarakat Indonesia. ‘Share a Coke’ selalu membawa pesan positif tentang kebersamaan dan koneksi,” ujar Bobby.
Baca Juga: Sustainability: Dimulai di Harajuku, Jepang Mulai Gerakan Fesyen Bekas Berkelanjutan
Bobby menambahkan bahwa menemukan namanya di kemasan Coca-Cola juga membawa pengalaman yang menyenangkan dan personal.
“Coke sudah jadi bagian dari momen santai saya, dan kampanye ini membuat semuanya terasa lebih nyata dan bisa dibagikan.”
Pengunjung yang datang ke Coca-Cola Lounge Hub di Taman Literasi, Jakarta, juga dapat menikmati dua aktivitas menarik.
Aktivitas tersebut adalah Share a Coke Can Personalisation Pod atau mencetak nama sendiri atau nama unik di kaleng Coca-Cola, serta Share a Coke Squad Photo Ops untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan latar foto yang menarik
Coca-Cola juga mengajak masyarakat untuk membagikan momen kebersamaan mereka melalui media sosial dengan menggunakan tagar #ShareACoke dan #SegarnyaFriyay serta menandai akun resmi @CocaCola_ID di berbagai platform digital.
Penulis | : | Yasmin FE |
Editor | : | Sheila Respati |
KOMENTAR