Kabar Arktika: Penemuan Populasi Beruang Kutub di Lautan Chukchi

By Loretta Novelia Putri, Sabtu, 3 Juli 2021 | 09:00 WIB
Sebuah survei memperlihatkan di beberapa bagian Arktika, menunjukkan kondisi populasi beruang kutub tidak separah yang dibayangkan selama ini. (USO)

 

Nationalgeographic.co.id - Beruang kutub juga ikut menjadi dampak akibat perubahan iklim yang terjadi, salah satu contohnya adalah video yang menampilkan seekor beruang kutub mencari makan di tempat sampah.

Bahkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science mengatakan bahwa beruang kutub terancam kelaparan karena perubahan iklim yang terjadi.

Namun, bukan berarti beruang kutub tidak memiliki harapan untuk hidup dan berkembang biak. Sebuah survei terbaru memperlihatkan bahwa di beberapa bagian Arktika, menunjukkan kondisi populasi beruang kutub tidak separah dan semengkhawatirkan yang dibayangkan oleh orang-orang selama ini.

Bahkan, sebuah populasi yang baru saja ditemukan di Lautan Chukchi, antara Alaska dan Rusia, saat ini dalam keadaan yang sehat dan sedang berkembang.

Eric Regehr seorang pakar biologi dari Polar Science Center di University of Washington mengatakan bahwa hilangnya es lautan akibat perubahan iklim tetap saja menjadi ancaman yang paling utama bagi beruang kutub, tetapi seperti yang ditunjukkan dalam studi, yaitu terdapat variasi di mana dan kapan efek menghilangnya es laut muncul.