Mengunjungi Bandung? Jangan Lupa Mampir ke Desa Wisata di Ciwidey

By National Geographic Indonesia, Senin, 10 Desember 2018 | 15:11 WIB
Kawah Putih Ciwidey. (benito_anu/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Jika Anda berkunjung ke Bandung, sebaiknya jangan hanya berbelanja atau mencicipi kuliner di pusat kota saja. Ini saatnya mengunjungi desa-desa wisata di sekitarnya. Salah satu wilayah yang memiliki banyak desa wisata adalah Ciwidey.

Nama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, Ciwidey memiliki beberapa objek wisata yang sudah tersohor. Sebut saja Kawah Putih yang kerap dijadikan lokasi pemotretan prewedding hingga latar pembuatan musik video.

Namun, selain itu, Ciwidey menyimpan tempat-tempat menarik lainnya. Berkunjung ke sini, Anda akan disambut dengan hijaunya kebun teh dan stroberi. Udaranya yang sejuk meningkatkan semangat untuk mengeksplor lebih jauh.

Baca Juga : Menjelajahi Pulau Samosir, Jantung Budaya Batak Toba

Berikut desa-desa di Ciwidey dengan objek wisatanya yang menarik–dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Desa Patengan (Rancabali)

Di sini, Anda akan disajikan dengan pemandangan hijau dari kebun teh yang terbentang luas. Kebun Teh Rancabali menjadi salah satu daya tarik alam di Ciwidey. Mengunjunginya bisa membuat Anda rileks karena udara pegunungan yang sejuk. Bagaimana tidak, berlokasi sekitar 50 kilometer dari Bandung, Kebun Teh Rancabali berada di ketinggian 1.628 mdpl.

Kebun teh Rancabali. (benito_anu/Getty Images/iStockphoto)

Ada beberapa paket wisata bagi Anda yang ingin mengunjungi pabrik teh. Di sana, Anda bisa mendapat pengetahuan tentang proses penanaman, pemeliharaan, pemetikkan daun, hingga menjadi produk teh yang siap diseduh. Tersedia juga paket untuk menjelajahi kebun teh. Jaraknya sudah ditentukan, yakni 2, 3, dan 4 kilometer.

Selain kebun teh, Anda juga bisa mengunjungi kebun stroberi di Rancabali. Anda bahkan bisa mencicipi kesegaran buah stroberi yang dipetik langsung.

Sejak 2016, ada objek wisata baru di Desa Patengan, yaitu Glamping Lakeside Rancabali. Tempat ini merupakan resor luas yang didominasi oleh kebun teh di sekitarnya. Meski begitu, Anda boleh menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan tanpa menginap. Cukup dengan membayar tiket masuk serta biaya parkir.

Desa Alam Endah