Tiga Gili yang Memukau di Lombok

By National Geographic Indonesia, Senin, 10 Desember 2018 | 15:04 WIB
Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno. (MuYeeTing/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Pantai pasir putih, terumbu karang tropis, serta air laut yang hangat siap menyambut Anda di Gili. Wilayah ini memang terkenal akan keindahan pantainya. Dalam bahasa asli Sasak, Gili berarti pulau.

Yang paling menarik dari Gili adalah, tidak ada kendaraan bermotor sama sekali di sana. Berjalan-jalan di sekitar pulau dapat dilakukan dengan bersepeda atau cidomo (transportasi seperti cikar yang ditarik oleh kuda, dapat mengangkut tiga penumpang sekali jalan).

Tanpa mobil, motor, dan distraksi selain pemandangan indah, tempat wisata di Lombok ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan suasana tenang nan alami.

Baca Juga : Menjelajahi Pulau Samosir, Jantung Budaya Batak Toba 

Ada tiga Gili memesona yang menjadi destinasi andalan, yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri.

Cidomo, transportasi sehari-hari di Gili. Tidak boleh ada kendaraan bermotor. (JohnKarmouche/Getty Images)

Gili Trawangan

Dari ketiga Gili, Trawangan merupakan yang terbesar dan dapat menampung pengunjung paling banyak. Ia juga memiliki fasilitas wisata yang lebih beragam. Aktivitas yang kerap dilakukan wisatawan di Gili Trawangan adalah scuba diving, snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.

Gili Trawangan. (khafid mukriyanto/Getty Images/iStockphoto)

Suasana di Trawangan lebih ramai dan semarak. Setelah melihat matahari tenggelam di pantai, Anda bisa melanjutkannya dengan berpesta. Banyaknya restoran dan bar membuat Anda tidak akan kehabisan hiburan di pulau ini.

Gili Air

Gili Air paling dekat dengan daratan, sehingga populasi penduduk lokalnya lebih banyak. Masyarakat setempat menyebut GIli Air dengan nama "Tengaq Aiq" yang berarti ditengah-tengah laut.