Gejala Usus Buntu, 6 Tanda Ini Perlu Anda Ketahui Sebelum Terlambat

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 10 Januari 2019 | 11:30 WIB
Ilustrasi rasa sakit perut yang hebat pada penderita usus buntu. (KittisakJirasittichai/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Penyakit usus buntu merupakan pembengkakan atau peradangan pada usus buntu. Bukan hal yang besar bila diketahui secara awal, karena operasi kecil saja bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

Namun permasalahannya adalah, seringkali seseorang baru mengunjungi dokter dan memeriksakannya setelah kondisi penderita sudah terlanjur parah. Alhasil usus buntu bisa saja pecah dan mengakibatkan infeksi dan membahayakan sistem pencernaan.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tanda atau gejala dari penyakit ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini adalah enam tanda paling umum yang dialami oleh seseorang dengan penyakit usus buntu.

Baca Juga : Diduga Alami Pelecehan Seksual, Wanita yang Alami Koma Hampir 10 Tahun ini Melahirkan

1. Sakit perut akut

Gejala umum dari penyakit usus buntu adalah munculnya rasa sakit di bagian perut. Walaupun gejala ini juga bisa berarti hal lain, tetapi jika sakit perut sudah bertambah parah, terutama di perut bagian bawah, waspadai kemungkinan penyakit usus buntu.

Dengan indikasi tersebut, segera lah memeriksakan diri ke dokter untuk dipastikan apakah penyakit usus buntu yang menyebabkan rasa sakit itu atau bukan.   2. Rasa mual

Keracunan makanan, pusing, hingga gangguan kesehatan bisa saja menimbulkan rasa mual. Namun rasa mual pada penyakit usus buntu muncul hampir setiap waktu dan hari. Walaupun sistem pencernaan Anda terasa baik-baik saja, bisa jadi tanda ini memang mununjukkan ada yang salah dengan usus buntu Anda.   3. Muntah

Tidak hanya mual, muntah juga bisa menjadi tanda bahwa usus buntu sudah semakin parah atau akan pecah. Jangan tunggu hingga rasa nyeri pada perut semakin bertambah, segera periksakan diri Anda.

Baca Juga : Terpapar Bahan Kimia dan Polusi Setiap Hari, Ini Bahayanya Bagi Otak

4. Kehilangan nafsu makan

Usus buntu yang mengalami peradangan bisa menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan. Bila Anda sering merasa tidak lapar pada waktu makan, biasanya tanpa alasan yang jelas, bisa jadi hal tersebut adalah gejala usus buntu.