Hipertensi? Kendalikan Saja dengan Beberapa Cara Bukan Medis Berikut

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 15 Januari 2019 | 10:00 WIB
Hipertensi menjadi momok bagi sebagian besar orang. (Ake Ngiamsanguan/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Hipertensi, tingginya tekanan darah dalam tubuh memiliki risiko kesehatan serius. Serangan jantung, penyakit jantung, stoke, hingga diabetes mengintai orang dengan hipertensi.

Berbagai obat penurun tekanan darah pun tersedia, baik yang harus menggunakan resep dokter maupun yang dijual bebas. Namun tidak semua orang menginginkan obat sebagai jalar keluar dari sebuah penyakit.

Lantas, adakah cara alami yang mampu mengurangi tekanan darah tinggi Anda? Berikut ini ada beberapa cara sederhana tanpa mengonsumsi obat.

Kurangi garam

Pola makan yang sehat dapat membantu Anda dalam usaha mengontrol tekanan darah. Centers for Disease Control and Prevention pun menyarankan diet asupan garam, salah satunya dengan mengurangi asupan makanan olahan dan cepat saji.

Dengan mengurangi natrium, Anda juga melakukan kontrol atas tekanan darah tinggi. Mayo Clinic mencatat, dengan menambahkan lebih banyak kalium, usaha mengatasi masalah tekanan darah tinggi pun akan terbantu. Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.

Perhatikan Berat Badan Anda

Mengurangi beberapa kilogram dan berolahraga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda. The Mayo Clinic mencatat bahwa tekanan darah tinggi meningkat ketika berat badan juga mengalami peningkatan, sehingga dengan hanya mengurangi lima kilogram, masalah tekanan darah Anda akan mengalami penurunan.

Hindari Stres

Stres mendorong seseorang untuk merokok, mengonsumsi minuman keras, atau terlibat dalam kegiatan yang tidak sehat lainnya. Imbasnya adalah mengencangnya pembuluh darah dan mengakibatkan meningkatnya tekanan dalam darah.

Untuk menghindari hal tersebut, tentu setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghindari atau "mengobati" stres. Namun cara yang diyakini sesuai dengan semua orang adalah mendengarkan musik dan duduk tenang.

Cara ini, menurut The Mayo Clinic dapat mengurangi tingkat stres Anda. Dengan meluangkan 15 hingga 20 menit duduk tenang dan bernapas dalam-dalam, Anda akan dapat mengurangi stres.