Tokoh Nyata yang Menginspirasi Karakter-karakter di Film Titanic

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 17 Januari 2019 | 09:42 WIB
Salah satu adegan di film Titanic. (Twentieth Century Fox Pictures via History.com)

Nationalgeographic.co.id - Anda mungkin sudah tahu bahwa Jack dan Rose, tokoh utama di film Titanic, tidaklah nyata. Sama seperti film “berdasarkan kisah nyata” lainnya, pembuat cerita menambahkan elemen fiksinya sendiri.

Meskipun begitu, dalam Titanic, Jack dan Rose bertemu dengan beberapa karakter yang terinspirasi dari tokoh nyata. Beberapa dari mereka bahkan memiliki kisah yang lebih menarik dari apa yang ditampilkan di film.

Baca Juga : Siapakah Pilot Kamikaze Pertama Jepang dan Bagaimana Sejarah Kamikaze?

James Cameron, penulis naskah dan sutradara Titanic, ingin mengelilingi peran utama (yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet) dengan penumpang sungguhan, terutama mereka yang berada di kelas satu.

Margaret Brown

Salah satu karakter yang terinspirasi dari tokoh nyata adalah Margaret Brown yang diperankan oleh Kathy Bates di film. Brown dikenal dengan julukan “Molly Brown yang Tak Bisa Tenggelam” atas aksinya di sebelum dan sesudah bencana Titanic, April 1912.

Saat Carphatia berusaha menyelamatkan penumpang Titanic yang berhasil kabur dengan sekoci, Brown berkoordinasi dengan penumpang kelas satu lainnya untuk menyelamatkan penyintas dari kelas bawah.

Margaret Brown. (DeAgostini/Getty Images via History.com)

Dalam salah satu adegan yang paling berkesan di film, Brown berusaha membujuk penumpang sekoci yang sudah terisi penuh untuk kembali dan menyelamatkan lebih banyak orang.

“Meskipun perannya besar, Brown di film tetap tidak sedinamis aslinya,” kata Don Lynch, sejarawan Titanic Historical Society.

Setelah kapal karam, diketahui bahwa Brown mendirikan dan memimpin komite korban yang berhasil selamat. Ia membantu penguburan jenazah yang berhasil dikumpulkan. Brown juga memberikan penghargaan kepada kapten kapal Carpathia karena telah menyelamatkan mereka.

Wallace Hartley

Tokoh nyata lainnya adalah Wallace Hartley, pemain biola yang diperankan oleh aktor Jonathan Evans-Jones.