Membuat Makanan Bergizi dari Listrik dan Mikroba untuk Atasi Kelaparan

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 31 Januari 2019 | 12:00 WIB
Hasil akhir olahan. (VTT)

Nationalgeographic.co.id - Pertumbuhan jumlah populasi manusia hingga perubahan iklim memicu kelaparan di berbagai belahan dunia. Banyak cara telah dilakukan oleh manusia untuk menyiasati bencana ini. Tidak hanya mencoba mengendalikan pertambahan penduduk, uji coba pangan pun terus dilakukan.

Salah satu langkah baru yang dilakukan oleh para peneliti adalah membuat makanan dengan bahan dasar listrik dan mikroba. Terdengar aneh? Para peneliti asal Finlandia lah yang melakukan langkah tersebut.

Mereka berhasil menciptakan makanan dari sekumpulan protein sel tunggal bergizi menggunakan sistem yang didukung oleh energi terbarukan. Hanya dengan menggunakan listrik, air, karbon dioksida, dan mikroba, para peneliti pun berhasil memasak makanan ini.

Baca Juga : Biaya Punya Anak Mahal, Warga Korea Selatan Lebih Pilih Pelihara Hewan

Makanan sintetis berupa bubuk kaya serat ini adalah bagian dari proyek Food From Electricity, kolaborasi antara Lappeenranta University of Technology (LUT) dan VTT Technical Research Centre di Finlandia.

Setelah memasukkan bahan baku elektrolisa dalam bioreaktor, peneliti mendapatkan serbuk yang terdiri lebih dari 50 persen protein dan 25 persen karbohidrat. Tekstur bubuk ini pun dapat diubah dengan bantuan mikroba.

Juha-Pekka Pitkänen, ilmuwan VTT mengungkapkan bahwa langkah berikutnya yang mereka lakukan adalah optimalisasi sistem. Langkah ini dilakukan karena bioreaktor seukuran cangkir kopi ini membutuhkan sekitar dua minggu dalam setiap produksi satu gram protein.

Melansir dari Smithsonian, Pitkänen berkata, "Saat ini kami fokus pada pengembangan teknologi: konsep reaktor, teknologi, peningkatan efisiensi, dan pengendalian proses."

Masih menurut Pitkänen, butuh satu dekade untuk menyediakan sistem yang lebih efisien secara luas. "Mungkin 10 tahun adalah waktu yang realistis untuk mencapai kapasitas komersial, dalam hal peraturan perundang-undangan dan teknologi proses yang diperlukan,” ujarnya.

Manfaat Potensial

Manfaat dari “makanan listrik” ini sangatlah besar. Pertama, sebagai makanan alternatif bagi orang yang kelaparan dan menyediakan sumber makanan di daerah yang tidak sesuai dengan produksi pertanian.

Bioreaktor. (VTT)