Hematidrosis, Penyakit yang Membuat Seseorang Mengeluarkan Keringat dan Air Mata Darah

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 26 Februari 2019 | 11:00 WIB
Geeta, wanita asal India, yang mengidap hematidrosis. (Newsflare/Indiaphotoagency)

Nationalgeographic.co.id - Seorang wanita di India secara kejam disebut sebagai penyihir oleh suaminya sendiri. Geeta, wanita asal Bihar, India, memiliki penyakit langka yang membuatnya mengeluarkan keringat dan air mata darah. Ia mengatakan, kondisinya semakin parah setiap hari. Ini membuat suaminya meninggalkan Geeta. 

Geeta diketahui mengidap hematidrosis. Kondisi ini tidak membuat pengidapnya kesakitan dan datangnya pun secara tiba-tiba.

Hematidrosis

Dilansir dari Healthline, hematidrosis merupakan kondisi langka di mana seseorang mengeluarkan keringat darah. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan hematohidrosis dan hemidrosis.

Karena sangat langka, banyak orang yang tidak mengetahui hematidrosis. Meskipun begitu, penyakit ini sungguh nyata. Keringat darah bisa muncul di permukaan tubuh. Terutama pada area wajah dan kening.

Baca Juga : Gigi Bungsu Tidak Memiliki Fungsi dan Hanya Menyebabkan Masalah?

Penyebab hematidrosis

Tidak banyak informasi yang tersedia mengenai hematidrosis. Karena kondisinya yang sangat langka, penyakit ini jadi sulit dipahami.

Namun, bagaimana pun juga, hematidrosis biasanya terjadi ketika seseorang mengalami rasa takut atau stres yang ekstrem. Seseorang yang akan menghadapi kematian, mungkin mengalami stres ini. Saat menghadapi tekanan, tubuh memiliki respons fight or flight (bertarung atau melarikan diri).

Itu merupakan respons alami tubuh ketika bertemu dengan ancaman. Membantu kita untuk bertahan saat situasi berbahaya.

Tubuh akan mengeluarkan zat kimia, seperti adrenalin dan kortisol, yang mempersiapkan kita untuk melawan atau melarikan diri dari bahaya. Kita menjadi lebih waspada dan energi pun meningkat. Respons tubuh ini bersifat sementara dan biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, pada beberapa kasus langka, respons fight or flight ini, bisa memicu pecahnya kapiler dalam tubuh. Kapiler merupakan pembuluh darah kecil yang terletak di seluruh jaringan. Ia membawa nutrisi penting untuk beberapa bagian tubuh.