Manfaat Kopi Hijau: Menurunkan Berat Badan dan Memperbaiki Mood

By Nathania Kinanti, Senin, 25 Maret 2019 | 11:09 WIB
Biji kopi hijau. (Fodeode/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bukan, biji kopi hijau bukanlah kopi dengan perasa ataupun pewarna melainkan biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang.

Pada biji kopi hijau, terdapat kandungan asam klorogenat yang tinggi dibandingkan kopi panggang biasa. Zat ini dianggap sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : Kehebatan Warga Desa Doudo Mengubah Sampah Jadi Hal yang Berharga

Lalu, apa saja manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi kopi hijau? manfaat nya antara lain :

Menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan. Kafein dan asam klorogenat termasuk ke dalam senyawa utama yang berfungsi menurunkan berat badan.

Menurunkan darah tinggi

Tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi kopi hijau juga diketahui mampu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah. Pasien tersebut mengatakan bahwa tidak ada efek samping yang terjadi, sehingga minuman ini aman untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kandungan kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek positif terhadap suasana hati dan aktivitas otak kita. Bebeberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, dan ketahanan tubuh.

Antioksidan

Kandungan zat antioksidan pada biji kopi dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Sebuah studi pada Journal of Agricultural and Food chemistry, menyatakan bahwa antioksidan asam klorogenat di biji kopi diketahui mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker.