James Cook Pernah Keluyuran di Batavia

By Mahandis Yoanata Thamrin, Sabtu, 4 Mei 2019 | 08:00 WIB
Replika HMS Endeavour di pelabuhan Cooktown, tak jauh dari muara Sungai Endeavour. James Cook dan Endeavour pernah buang sauh di sini selama tujuh minggu pada 1770. (John Hill/Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id— Jika bahtera Endeavour tidak mengalami kekurangan bekal dan kerusakan saat perjalanan pulang dari Australia, mungkin kisah bersejarah ini tak pernah ada. Demikian alasan Kapten James Cook berjejak di Batavia yang tersirat dalam laporannya, Journal of the Proceedings of His Majesty’s Bark Endeavour, on a Voyage Round the World.

Siapa tak mengenal Kapten James Cook, seorang navigator laut sohor asal Inggris. Dalam poster Perintis Jalan Bahtera Eksplorasi sisipan National Geographic edisi Juli 2013, nama James Cook tercatat sebagai salah satu penempuh perjalanan eksplorasi yang melewati Samudra Pasifik. Dia melakukan tiga kali ekspedisi: 1768-71, 1772-75, dan 1776-79.

Kapten Cook, yang saat itu berusia 39 tahun, berangkat meninggalkan Inggris pada 26 Agustus 1768 atas dukungan The Royal Society, London. Tujuan pelayaran penjelajahan pertamanya adalah ke Tahiti di Samudra pasifik untuk mengobservasi Transit Venus—peristiwa yang dapat disaksikan dari bumi saat Venus melintasi Matahari. Sementara, misi rahasianya: mengeksplorasi Terra Australis Incognita, sebuah tanah tak bertuan di sisi selatan Hindia Timur. Semuanya tercapai.

Saat perjalanan pulang, Kapten Cook melewati lautan di selatan Jawa, kemudian berbelok menyusuri Selat Sunda. Mereka mendarat di Batavia, sebuah kota dengan kastil megah sebagai kantor pusat VOC, pada 10 Oktober 1770.

Selama seminggu pertama di kota itu dia berjumpa dengan Gubernur Jenderal VOC Petrus Albertus van der Parra. Mereka membicarakan biaya perbaikan Endeavour.

Kapten James Cook (DeSerial)

Kemudian Kapten Cook dan awaknya melanjutkan pelayaran ke Pulau Onrust di Kepulauan Seribu untuk mengisi perbekalan dan memperbaiki bahtera. Mereka kembali ke Batavia lagi pada 8 sampai 25 Desember 1770, lalu melanjutkan pelayaran menuju Tanjung Harapan.

Menurutnya, sebagian jalan Batavia memiliki kanal-kanal air yang kemudian bersatu sekitar setengah mil sebelum aliran itu ke laut. “Komunikasi antara laut dan kota dilakukan lewat kanal, dan hanya siang hari,” demikian tulis Cook. “Ketika malam pintu penghubungnya ditutup batang kayu.”

Baca juga: Seberapa Banyak Jalan Ki Hajar Dewantara di Indonesia?

Dia juga melukiskan sebuah jalan di Batavia dengan perahu-perahu di kanal dengan penanda sebuah kubah gereja. Rupanya, kawasan yang dimaksud Cook adalah sepanjang Kalibesar, sementara kubah gereja yang dimaksud kini menjelma menjadi Museum Wayang.

Mereka cukup lama di kawasan pelabuhan nan masyhur ini. Sayangnya, Cook datang saat kota ini mulai kehilangan pamornya sebagai “Ratu dari Timur”. Kota ini mulai menapaki sebutannya sebagai “Kuburan Orang Eropa.”

Saat itu dalam tembok kota keadaannya sangat tidak sehat, kanal-kanal yang mendangkal dan mandek lantaran letusan Gunung Salak pada 1699. Situasi diperparah dengan aturan yang membolehkan warga untuk membuang sampah dan tinja di kanal.