Perempuan Intelek Ini Temukan Metode Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Selasa, 4 Juni 2019 | 13:28 WIB
Herawati Sudoyo (Siska Permata Sari/Okezone.com)

Nationalgeographic.co.id - Kami menjumpai Herawati Sudoyo di kantornya di Lembaga Biologi Molekular Eijkman, yang masih berada di lingkungan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan terhubung dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta pada 2005.

Ketika itu, Hera - begitu sapaan karib perempuan pehobi fotografi ini - masih menjabat Wakil Direktur Lembaga Biologi Molekular Eijkman. Kerjanya, keliling Indonesia. Jalan-jalan? Tidak juga. Ia bercerita bagaimana pengalamannya mengumpulkan percontoh genetika manusia modern (Homo sapiens).  

"Bu Hera, kami punya kesulitan untuk mencarikan padanan dalam bahasa Indonesia untuk tulisan bertema kedokteran ini. Bahasannya, tentang sumsum tulang belakang," saya menyebutkan maksud pertemuan itu kepadanya.

Baca Juga: Apa Kata Sains Tentang Alasan Orang Melakukan Bom Bunuh Diri?

(Natali_Mis/Getty Images/iStockphoto)

Hera lantas meminta saya menunjukkan contoh kesulitan yang saya hadapi. Asal tahu saja, saat menerbitkan suatu konten, National Geographic Indonesia selalu meminta pandangan ahli tentang mencarikan padanan kata dalam Bahasa Indonesia. Ada banyak konteks teknis yang harus dapat kami terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, tanpa menggeser makna dan tujuan kalimat itu.

Alih-alih, membahas satu per satu kata yang sulit, perbincangan kami justru melebar. Hera banyak bercerita bagaimana seluk-beluk DNA leluhur Nusantara yang begitu menggelitik pemikirannya.  Prestasi perempuan Indonesia intelek ini memang telah berderet. 

Lahir pada 2 November 1951, seperti dilansir dari Kompas.com, Herawati Sudoyo memang dinilai menjadi sosok penting dalam identifikasi pelaku bom bunuh diri lewat pemeriksaan DNA yang dilakukannya.

Baca Juga: Permen Karet Ini Menyimpan DNA Manusia Purba dari 10 Ribu Tahun Lalu

Ilustrasi mutasi DNA manusia. (anusorn nakdee/Getty Images/iStockphoto)

Metode Hera berawal dari ledakan bom bunuh diri di depan Kedutaan Besar Australia atau Bom Kedubes Australia 2004, pada tanggal 9 September 2004.

Saat itu pihak Polri ditantang untuk segera mengidentifikasi pelaku dan mengungkap kelompok di baliknya. Kejadian itu menewaskan 10 korban dan mencederai lebih dari 180 orang.