Kisah Pilu Mantri Kesehatan Meninggal Dunia di Belantara Papua, Kenali Suku Asli yang Dilayaninya

By , Senin, 24 Juni 2019 | 17:38 WIB
Patra Marinna Jauhari, seorang petugas medis yang menjalankan tugasnya di daerah pedalaman Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat saat terbaring sakit akibat malaria. (Istimewa)

Nationalgeographic.co.id - Petugas kesehatan bernama Patra Marinna Jauhari mendadak menjadi perbincangan warganet dan menghiasi berita media arus utama. Lelaki yang diketahui menjalankan profesi sebagai petugas kesehatan untuk Puskesmas Pembantu bagi masyarakat di pedalaman Papua itu meninggal dunia setelah sakit malaria.

Lelaki yang akrab disapa Mantri Patra itu menjalankan tugasnya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama untuk melayani masyarakat yang tinggal di Kampung Oya, Distrik Naikere

Ia sudah bertugas selama empat bulan lebih. Ia pun sudah menjalin keakraban dengan masyarakat di Kampung Oya, Distrik Naikere, Teluk Wondama.

Baca Juga: Di Pulau Papua, Suku Huli yang Gemar Berperang Merias Tubuh untuk Berikan Pesan Mengerikan Ini

Mantri Patra saat dikirim ke pedalaman papua (Facebook Ros Milka Kamma)

Buat Anda yang belum tahu masyarakat kampung ini mari kita berkenalan. Oya merupakan salah satu kampung di pedalaman distrik Naikere yang masih terpencil dan terisolasi. Tidak ada jalan darat, apalagi sarana telekomunikasi.

Wilayah di perbatasan antara Teluk Wondama dan Kabupaten Kaimana ini hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan helikopter.

Untuk mencapai pusat distrik di Naikere, warga setempat biasanya berjalan kaki selama tiga sampai empat hari.

Baca Juga: Katak Berhidung Panjang Seperti Pinokio Ditemukan di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Patra Marinna Jauhari, seorang petugas medis yang menjalankan tugasnya di daerah pedalaman Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. (Istimewa)

Jalanan yang dilewati masih berupa jalan setapak menyusuri gunung dan lembah di tengah hutan belantara.

Pada awal Februari 2019, Mantri Patra bersama seorang rekan diantar dengan helikopter ke Kampung Oya.