Polusi Sampah, Foto Ini Tunjukkan Induk Burung Beri Makan Anaknya Puntung Rokok

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 10 Juli 2019 | 15:38 WIB
Induk burung memberikan puntung rokok kepada anaknya karena mengira itu makanan mereka. (Facebook Karen Catbird)

Nationalgeographic.co.id – Saat ini, semakin banyak foto satwa liar yang menyentuh hati Anda. Beberapa di antaranya bahkan menimbulkan perasaan marah karena hidup mereka dirugikan akibat ulah manusia.

Belum lama ini, ada sebuah foto yang memperlihatkan bagaimana induk burung ‘memberikan’ puntung rokok kepada anaknya karena mengira itu adalah makanan mereka.

Baca Juga: Menanam Pohon, Cara Paling Efektif dan Murah Atasi Pemanasan Global

Ditangkap oleh kamera milik Karen Mason, seorang relawan, foto tersebut menunjukkan seekor burung skimmer hitam dengan puntung rokok di paruhnya, perlahan mengantarkan sampah tersebut ke anaknya sebagai ‘camilan’.

Kepada CBS News, Mason mengatakan dia sangat marah ketika menyadari apa yang dibawa burung tersebut. Ia pun lalu mengunggah fotonya ke beberapa situs peduli konservasi dan Facebook untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah.

Menurut Mason, pantai St Pete, di Tampa, Florida–tempat di mana foto itu diambil–memang terkenal penuh sampah.

“Orang-orang sepertinya tidak menyadari betapa berbahayanya sampah-sampah tersebut bagi hewan yang ada di sana,” katanya.

“Jika Anda merokok, tolong jangan buang puntungnya begitu saja. Bayi burung ini ditawari puntung rokok oleh orangtuanya. Sudah saatnya kita membersihkan pantai dan berhenti memperlakukan mereka seperti asbak raksasa #nobuttsforbabies,” tulis Mason pada unggahan fotonya.

Sama seperti sedotan, kantung, dan gelas plastik, puntung rokok juga menjadi salah satu sumber pencemaran plastik. Mereka biasanya terbuat dari serat plastik bernama selulosa asetat yang membutuhkan waktu 18 bulan hingga 10 tahun untuk terurai.

Menurut laporan Ocean Conservacy yang dipublikasikan tahun lalu, puntung rokok juga menjadi sampah utama yang ditemukan di pantai-pantai dunia.

Baca Juga: PBB: Jutaan Orang Menderita Kemiskinan Akibat Perubahan Iklim

“Banyak burung laut penasaran dengan barang-barang yang kita buang. Alam sedang berjuang untuk beradaptasi dengan hal-hal yang manusia lakukan pada Bumi. Setiap tahunnya, kita melihat lebih banyak hewan yang terjerat, terluka, atau terbunuh produk buatan manusia,” papar juru bicara Royal Society for the Protection of Birds (RSPB) dalam sebuah wawancara dengan BBC.

Burung lapar bukan satu-satunya hewan yang berisiko menelan sampah plastik. Pada perut mamalia laut, krustasea, kura-kura, dan ikan, juga pernah ditemukan sampah plastik.