Lima Kebiasaan Ini Memiliki Efek Mematikan Seperti Rokok

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 11 Juli 2019 | 13:36 WIB
Kesepian menjadi salah satu hal yang berisiko sebabkan kematian. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Rokok diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan itu dapat menyebabkan kematian. Namun, selain rokok ada beberapa hal lain yang sama mematikannya. Apa sajakah itu?

Kesepian

Perkembangan media sosial dan memudarnya kontak langsung antarmanusia membuat mantan dokter bedah umum, Vivek Murthy, menetapkan kesepian sebagai ‘wabah’ di dunia yang efeknya mematikan.

Julianne Holt-Lunstad, profesor psikologi di Brigham Young University, mengatakan bahwa kesepian mengurangi harapan hidup orang-orang. Dampak negatif kesepian setara dengan mengisap 15 rokok dalam sehari.

Baca Juga: Mengapa Kita Merasa Pusing Saat Sedang Lapar? Ini Penjelasannya

Duduk terlalu lama

Menurut sebuah studi pada 2014, duduk sepanjang hari meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Para peneliti mengumpulkan data  empat juta orang tentang seberapa sering mereka duduk untuk menonton televisi, bekerja, dan berada di perjalanan.

Setiap peningkatan dua jam waktu duduk, meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar, rahim, dan paru-paru. Hasilnya tetap sama meskipun mereka telah berolahraga.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat berdampak pada kesulitan belajar. (kasinv/Getty Images/iStockphoto)

The Centers for Disease Control and Prevention telah menetapkan bahwa gangguan tidur berkaitan erat dengan masalah kesehatan.