Hampir Terancam Pengeboran Nukilr, Populasi Harimau India Meningkat

By Mahmud Zulfikar, Kamis, 8 Agustus 2019 | 08:05 WIB
India adalah rumah bagi sekitar 60 persen populasi harimau dunia ()

Nationalgeographic.co.id - Jumlah harimau India meningkat, menurut salah satu survei satwa liar. Populasinya telah meningkat sebesar 6%, menjadi sekitar 3.000 hewan.

Kabar yang bagus bagi dunia konservasi dan merupakan hasil yang menggembirakan atas investasi India yang mengesankan dalam konservasi harimau.

Harimau adalah binatang predator yang benci dilihat, mereka terbiasa menyembunyikan diri dan diam-diam menerkam mangsanya.

Karena hal itulah sulit bagi petugas konservasi menghitum jumlah populasi mereka. Tapi jumlah yang akurat mengenai populasi mereka sangatlah penting, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk menghitungnya.

Baca Juga: Ancam Konservasi Harimau, Proyek Uranium di India Menuai Banyak Protes

Setiap empat tahun sejak 2006, pemerintah India melakukan sensus nasional harimau dan satwa liar lainnya.

Untuk mendapatkan populasi harimau, puluhan ribu staf diturunkan ke lapangan melakukan hampir 318.000 survei habitat di 20 negara bagian India yang diduduki harimau. Sekitar 381.400 km² diperiksa untuk area harimau dan mangsanya.

Tim menempatkan perangkap kamera berpasangan di 26.760 lokasi di 139 lokasi penelitian dan mengumpulkan hampir 35 juta foto (termasuk 76.523 harimau dan 51.337 foto macan tutul).

Perangkap kamera ini mencakup 86% dari seluruh lingkungan hidup harimau di India, di mana terlalu berbahaya untuk bekerja di lapangan. 

Pengumpulan data ini akan menjadi sia-sia jika tidak dilakukan dengan sebenar-benarnya. 

Baca Juga: Habitatnya Terancam, Harimau Benggala Rentan Alami Kepunahan

Tim mengambil saran dari beberapa pakar terkemuka dunia untuk mengurutkan foto: mencocokan foto harimau yang diambil pada musim hujan dengan harimau yang diambil pada musim kemarau pada sudut yang berbeda.