Dianggap Sebagai Penyebab Susah Tidur, Teh Ternyata Bisa Mencegah Insomnia

By Silvia Triyanti Luis, Jumat, 23 Agustus 2019 | 12:02 WIB
Beberapa jenis deh dianggap bisa atasi gangguan tidur / insomnia. (Solstizia/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Susah tidur yang dialami seseorang secara terus menerus atau yang sering disebut insomnia memiliki berbagai macam penyebab. Susah tidur yang dialami oleh seseorang ini dapat mengganggu kualitas pekerjaan mereka saat di pagi hari. Salah satu penyebab susah tidur adalah konsumsi kafein yang berlebihan.

Teh yang sering kita minum setiap harinya mengandung kafein yang dianggap dapat menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Namun sebenarnya, kandungan kafein yang terdapat di dalam teh tidak sebanyak kandungan kafein di dalam kopi.

Kandungan beberapa zat aktif di dalam teh justru memiliki efek menenangkan pikiran yang lebih banyak dibanding kafein. Dengan begitu, teh dianggap bisa menjadi alternatif untuk orang yang susah tidur.

Baca Juga: Ingin Menjadi Vegetarian? Berikut Lima langkah Awal yang Bisa Dilakukan

Salah satunya adalah teh chamomile. Menurut beberapa pakar, teh chamomile mempunyai beberapa kandungan yang dapat menenangkan seseorang seperti efek yang terdapat di obat penenang. Kandungan yang dapat memberikan efek menenangkan adalah apigenin, sejenis flavonoid yang bisa mempengaruhi reseptor benzodiazepine yang ada di dalam otak.

Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, chamomile juga bisa dijadikan aromaterapi untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

Selain teh chamomile, ada juga lavender yang dianggap mampu mengatasi gangguan tidur. Lavender adalah tanaman yang sering dijadikan bahan aromaterapi di dalam ruangan. Dengan aromanya yang khas dan wangi, lavender mampu menenangkan pikiran sehingga mempermudah seseorang untuk tidur. Tanaman dan minyak esensial dari Lavender mampu memberikan efek rileks pada sistem saraf.

Baca Juga: Heboh Obat Kanker dari Bajakah, Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memercayainya

Selain mengonsumsi teh, seseorang yang mengalami gangguan susah tidur dapat melakukan beberapa hal lain seperti membiasakan diri untuk tidur di jam yang sama saat malam hari, rajin berolahraga setiap harinya, juga konsumsi air putih yang cukup.

Tak hanya itu, mengganti suasana kamar agar lebih nyaman, serta membersihkan ruangan juga dapat membantu seseorang terhindar dari insomnia.