Sepenggal Kisah Monumen Divisi Tujuh Desember di Jantung Jakarta

By Mahandis Yoanata Thamrin, Sabtu, 24 Agustus 2019 | 13:17 WIB
Monumen Zeven December Divisie (Divisi Tujuh Desember) di Taman Makam Kehormatan Ereveld Menteng Pulo. (Mahandis Yoanata Thamrin/National Geographic Indonesia)

“Gendang telinga kiri saya rusak oleh sebuah granat yang meledak tepat di sebelah,” tulis Chris mengenang sebuah kecelakaan dalam sesi latihan di Inggris.

Buku hariannya yang dirilis di laman www.zevendecemberdivisie.nl mengungkapkan bahwa saat itu usianya belum genap 19 tahun. Pelatihan wajib militer selama enam bulan pun dilaluinya di Colchester, Inggris. “Gendang telinga kiri saya rusak oleh sebuah granat yang meledak tepat di sebelah,” tulis Chris mengenang sebuah kecelakaan dalam sesi latihan di Inggris. Karena khawatir ditolak, dia sengaja tidak pergi ke dokter. Beruntung hanya telinga kirinya yang bermasalah, sehingga dia tetap melanjutkan wajib militernya.

Baca juga: John Verbeek Menyingkap Coretan dan Bungker Militer Belanda di Cisauk

Monumen Zeven December Divisie (Divisi Tujuh Desember) di Taman Makam Kehormatan Ereveld Menteng Pulo. (Mahandis Yoanata Thamrin/National Geographic Indonesia, seizin Oorlogsgravenstichting)

Chris menjadi salah satu dari ribuan orang sukarelawan yang dikirim pada gelombang pertama ke Hindia Belanda dalam kesatuan tersebut. Mereka berlayar meninggalkan Rotterdam pada 2 Mei 1947 menuju Hindia Belanda. “Sebuah negara dengan pulau-pulau berserak: ‘Sumatera-Jawa-Bali-Lombok-Sumbawa-Flores-Sumba-Timor’ yang hanya saya peroleh di sekolah,” ungkap Chris.

Nama “Tujuh Desember” terinspirasi dari pidato Ratu Wilhelmina di London pada 7 Desember 1942.  Empat tahun berselang, pidato tersebut manjadi mandat yang diberikan kepada Divisi Tujuh Desember.

Divisi ini memegang teguh tujuan untuk memberikan kemerdekaan negara-negara jajahan dan menghapuskan diskriminasi ras sehingga semua warga negara punya hak yang sama dalam naungan Kerajaan Belanda.

Chris Fillet , tengah, bersama kawan-kawannya yang bertugas di Zeven December Divisie. Mereka berfoto di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara, pada Agustus 1948. Foto koleksi Erwin Fillet, putra Chris. (www.zevendecemberdivisie.nl)

Kelak kesatuan ini terlibat dalam dua aksi polisional: Operatie Product (20 Juli hingga 5 Agustus 1947) dan Operatie Kraai 1948 (19-20 Desember 1948). Demikianlah pihak Belanda menyebut sandi dalam agresi militer pertama kedua di wilayah Indonesia.

Jumlah personel Divisi Tujuh Desember adalah 18.544 serdadu. Terdiri atas 880 perwira tinggi, 1.300 perwira menengah dan 16.364 serdadu bintara. Panglima Divisi Tujuh Desember adalan Mayor Jenderal H.J.J.W. Dürst Britt (1 September 1946 – 2 September 1949). Kemudian panglima penggantinya, Mayor Jenderal E. Engles (2 September 1949 – 25 April 1950).

Chris dan para serdadu Divisi Tujuh Desember lainnya berseragam warna zaitun gelap. Mereka dapat dikenali dari emblem yang dikenakannya. Divisi ini menggunakan emblem berwarna dasar merah dengan aksara “E” dan “M” yang mengapit pedang, krans daun laurel, berikut pita kuningnya. Aksara "E” dan “M" mengacu pada "Expeditionaire Macht" (Pasukan Ekspedisi). Aksara ini juga menjadi kependekan dari jargon wajib militer saat itu "Elke Man, Elk Momen" (Setiap Orang, Setiap Saat).