Taman Nasional Komodo Batal Ditutup, Tapi Mengapa Warga Malah Bingung? Inilah Penjelasannya...

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Jumat, 20 September 2019 | 16:48 WIB
Komodo menjadi salah satu ciri khas kekayaan fauna Indonesia. (Ringo_Wong_hkherper/Getty Images/iStockphoto)

 

Nationalgeographic - Warga Pulau Komodo, yang jumlahnya sekitar 2.000 orang, boleh merasa lega mendengar pernyataan dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Hari Rabu (18/9) di Yogyakarta, Arief mengatakan Pulau Komodo tidak akan ditutup.

"Sudah ada keputusan dari tim bahwa, pertama, Pulau Komodo tidak harus ditutup. Kedua, masyarakat di sana tidak harus dipindahkan. Tetapi ini masih keputusan Tim Terpadu (Timdu) yang dipimpin oleh setingkat Dirjen. Maka masih memerlukan penetapan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Arief.

Baca Juga: Fakta Unik Komodo, Kanibal Hingga Suka Mencuri Bangkai di Pemakaman

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat berulang kali menyampaikan rencana penutupan Pulau Komodo sejak akhir tahun lalu. Penutupan itu direncanakan selama satu tahun. Alasannya untuk memperbaiki ekosistem pulau tersebut. Jumlah komodo maupun mangsa alaminya, kata Viktor, diperkirakan menyusut.

Hanya saja, hingga hari ini belum ada keputusan dari Menteri LHK. Humas kementerian tersebut, Djati Wicaksono Hadi yang dikonfirmasi hanya mengatakan bahwa kewenangan ada di Menteri LHK selaku pemegang otoritas di bidang pengelolaan konservasi. Didesak lebih jauh apakah sudah ada keputusan pasti, Djati tidak memberi jawaban.

Pulau Komodo, Indonesia (hollandamerica.com)