Memacu Langkah Menjadi Perusahaan Kelas Dunia

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Rabu, 11 Desember 2019 | 06:11 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam sebuah acara besama anak-anak milenial. (Dok. Pertamina)

Nationalgeographic.co.idPertamina telah menginjak usia yang ke-62 tahun. Dalam perjalanannya yang tak singkat itu, Pertamina semakin dekat dengan visinya “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia”.

Dengan sederet upaya dan implementasi strategi, saat ini Pertamina semakin yakin dan percaya, bahwa visi perusahaan menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia semakin dekat.

Melalui sejumlah pencapaian dan prestasi yang telah diraih, perusahaan ini optimistis dapat menjadi yang terdepan dalam mendukung cita-cita pemerintah mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional.

Komitmen itu ditegaskan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. "Pertamina akan memberikan kontribusi yang terus meningkat untuk negara," ujar Nicke.

Baca Juga: Meraih Asa Lewat Beragam Strategi Mumpuni, Produksi Satu Juta Barrel Telah di Depan Mata

Ia menyebutkan, total kontribusi Pertamina Grup di APBN pada 2018 mencapai Rp 120,8 triliun yang terdiri dari setoran pajak dan dividen. Nilai ini tercatat sebagai kontribusi terbesar sepanjang sejarah Pertamina sejak berdiri 62 tahun silam.

Di luar nilai tersebut, Pertamina juga berkontribusi melalui setoran di sektor hulu seperti Signature Bonus dan Government Entitlement yang mencapai Rp 154 triliun pada 2018.