Cerita Pemimpin Redaksi National Geographic Tentang Jurnalisme dan Karier

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 14 Januari 2020 | 10:39 WIB
Susan Goldberg, pemimpin redaksi National Geographic. ()

Nationalgeographic.co.id – Dalam sebuah kesempatan, Susan Goldberg, Pemimpin Redaksi National Geographic, membagikan pengalamannya dalam dunia jurnalistik, serta bercerita tetang edisi favoritnya, juga momen luar biasa dalam kariernya selama ini.

Sebagai pemimpin redaksi National Geographic, menurut Anda, apa yang membuat jurnalisme saat ini begitu kuat?

Saya rasa, apa yang membuat jurnalisme sangat kuat saat ini adalah karena ia menceritakan kisah nyata tentang orang-orang yang berkuasa, mereka yang tidak begitu kuat, bahkan yang tidak memiliki suara sama sekali.

Penting untuk menyorot sinar jurnalisme pada tempat-tempat di mana terdapat ketidakadilan atau kesalahan sehingga itu dapat diperbaiki. Jika banyak orang tahu cerita-cerita di tempat tersebut, maka keadaan bisa menjadi lebih baik dan kita dapat membuat perbedaan.

Baca Juga: Mengabdi Pada Pekerjaan, Kisah Ilmuwan Rayakan Natal di Antartika

Bagaimana Anda yakin bahwa kisah-kisah yang diproduksi National Geographic dapat membuat perbedaan? Apakah karena ada DNA khusus dalam kisah tersebut atau siapa pun bisa saja membuat perbedaan asal tulisannya bagus?

Kita hidup dalam lanskap media yang ramai dan kompleks, di mana kita semua dibombardir dengan informasi 24/7. Saya pikir, kisah yang menarik dapat tersesat dengan banyaknya bahan di luar sana. Jadi, untuk mengatasinya, Anda tidak hanya perlu punya kisah yang bagus saja, tapi juga harus dapat menceritakannya dengan indah. Anda harus memiliki kemampuan visual yang menakjubkan dan bisa membagikannya ke berbagai platform.

Untuk menyampaikan kisah itu, saya mendapat bantuan dari teman-teman saya di bagian komunikasi dan pemasaran. Kami harus menceritakan sebuah kisah dengan cara yang menginspirasi agar orang lain mau peduli.

"Saya sungguh berpikir bahwa kita dapat mengubah cara berpikir dan memberdayakan orang lain melalui kisah-kisah yang kita bagikan,"

Anda pernah mengatakan bahwa membaca laporan tentang Watergate dan Perang Vietnam saat masih muda, memengaruhi Anda secara mendalam karena keduanya menunjukkan bagaimana mengungkap kebenaran dapat mengubah dunia.

Ya, saya ingat tumbuh di tahun 1960-an, ketika setiap hari ada protes tentang Perang Vietnam. Kemudian, keluarga saya akan berkumpul setiap malam pukul 18.30 untuk makan malam dan menonton berita. Anda dapat melihat para reporter di Vietnam melaporkan apa yang sebenarnya terjadi—amat berbeda dengan pernyataan dari pemerintahan Nixon.

Terlintas dalam pikiran saya bahwa reporter, orang-orang yang mencari kebenaran ini, memiliki kemampuan untuk memberi tahu orang-orang tentang apa yang sebenarnya terjadi. Itulah

Dan itu telah menjadi kekuatan yang memotivasi saya di setiap tempat saya bekerja. Di National Geographic, saya benar-benar berpikir bahwa kita dapat mengubah pemikiran orang dan memberdayakan mereka melalui tulisan-tulisan kami.