Jaga Kesehatan dan Cegah Penyakit Mematikan dengan Daun Pepaya

By Silvia Triyanti Luis, Senin, 27 Januari 2020 | 11:50 WIB
Daun pepaya (Carica Papaya L) ()

Nationalgeographic.co.id – Selain buahnya, daun pepaya ternyata memiliki berbagai manfaat. Daun pepaya yang memiliki rasa pahit ini mengandung berbagai vitamin, enzim, dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, menurut beberapa penelitian, daun pepaya memiliki kandungan antioksidan dan acetogenin yang mampu melawan radikal bebas sebagai pemicu sel kanker.

Studi yang dipublikasikan pada Journal Society of Biology menyatakan bahwa sumber penghasil zat antikanker terdapat pada getah berwarna putih di bagian batang daun pepaya. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Cuaca Dingin

Cara mengonsumsinya sebagai obat pencegah kanker adalah dengan merebus daun pepaya lalu meminum air rebusan tanpa mencampurnya dengan zat lain. Meminum air rebusan secara langsung dapat mempercepat efek yang diberikan dari daun pepaya itu sendiri.

Mengonsumsi ekstrak daun pepaya dapat membantu tubuh melawan sel kanker secara alami tanpa melibatkan zat kimia yang mungkin akan memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Selain sebagai anti kanker, daun papaya juga memiliki manfaat yang juga baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut adalah:

Melancarkan pencernaan

Daun pepaya memiliki kandungan papain yang merupakan enzim untuk membantu memecah protein di dalam sistem pencernaan. Ini dapat memudahkan dan melancarkan sistem pencernaan kita. 

Obat saat menstruasi

Kandungan vitamin E pada daun pepaya dapat membantu meredakan rasa nyeri saat menstruasi. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam daun papaya dapat merelaksasikan otot polos uterus yang menyebabkan nyeri saat menstruasi terjadi.

Baca Juga: Pneumonia Wuhan, Wabah Penyakit Baru yang Menyerang Warga Tiongkok