Sulit Tidur Nyenyak di Malam Hari? Ikuti Langkah-Langkah Berikut

By Aditya Driantama H, Senin, 3 Februari 2020 | 18:24 WIB
Beberapa hal terjadi pada tubuh kita saat tidur. (Vera_Petrunina/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Peneliti mengatakan bahwa tidur di malam hari sama pentingnya dengan olahraga rutin dan diet kesehatan.

Namun, bagaimana jika kita sulit tidur nyenyak? Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Kurangi penggunaan gawai pada malam hari

Ilustrasi smartphone. (Zika Zakiya)

Memang kehidupan kita saat ini tidak bisa dipisahkan dari penggunaan gawai seperti smartphone, komputer, dan televisi. Namun, perlu diketahui bahwa gawai memproduksi blue light atau cahaya biru. 

Cahaya biru ini memengaruhi ritme sirkadian yang merupakan jam biologis tubuh manusia. Cahaya biru seakan-akan menipu otak untuk berpikir bahwa kita masih melakukan aktivitas di siang hari. 

Hindari konsumsi kafein di sore hari

Ilustrasi minum kopi. (Thinkstock)

Kafein memang memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan fokus, energi, serta  performa dalam bekerja. Namun, itu bisa berefek negatif jika kita mengonsumsinya di sore hari. Kafein akan memberikan stimulus ke sistem saraf dan mengganggu tubuh yang seharusnya rileks di malam hari.

Diketahui bahwa reaksi kafein bertahan selama 6-8 jam di dalam tubuh kita. Artinya, jika kita mengonsumsi kopi di jam tiga atau empat sore bukanlah pilihan yang baik karena akan membuat kita sulit tidur. 

Jangan mengonsumsi alkohol

Ikustrasi minuman beralkohol (monticelllo/Getty Images/iStockphoto)