6 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Melihat Hewan Langka di Indonesia

By Celine Veronica, Jumat, 14 Februari 2020 | 14:15 WIB
Komodo menjadi salah satu ciri khas kekayaan fauna Indonesia. (Ringo_Wong_hkherper/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Indonesia memiliki beragam kekayaan flora dan fauna yang tak perlu dipertanyakannya lagi. Berbagai spesies terbentang dari Barat hingga Timur Indonesia. Setiap daerah di Tanah Air ini memiliki hewan khasnya masing-masing. Namun, perburuan liar dan perubahan mengancam keberadan mereka.

Untuk mengantisipasinya, pemerintah mengambil tindakan untuk membuat ekowisata. Berikut enam rekomendasi ekowisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk melihat hewan-hewan langka di Indonesia

Taman Nasional Tanjung Puting

Salah satu ekowisata orangutan yang paling terkenal adalah Taman Nasional Tanjung Puting di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Akibat Polusi Cahaya dan Kerusakan Habitat, Kunang-kunang Terancam Punah

Orangutan merupakan hewan endemik asal Kalimantan dan Sumatera. Saat ini, hewan berordo primata ini sudah mulai langka, tapi Anda masih dapat melihatnya dengan mengunjungi taman nasional ini. Tak hanya orangutan, taman nasional ini juga menjadi habitat dari sembilan spesies primata lainnya.

Orang utan kalimantan. (Lutfi Fauziah)

Taman Nasional Komodo

Komodo mungkin sudah tak asing lagi didengar. Pasalnya, reptil ini hanya ada di Nusa Tenggara, tepatnya di Taman Nasional Komodo. Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo.

Berdasarkan data dari UNESCO, Pulau Komodo menjadi rumah bagi 5.700 kadal raksasa. Untuk sampai ke Pulau Komodo, Anda bisa pergi Labuan Bajo terlebih dahulu, kemudian melanjutkannya dengan kapal. 

Komodo di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (I Made Asdhiana/Kompas.com)

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)