Kelana Lestari: Perjalanan Dua Roda Demi Memata-matai Pesinden Rimba

By Mahandis Yoanata Thamrin, Sabtu, 21 Maret 2020 | 14:27 WIB
Tim Kelana Lestari memasuki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kawasan konservasi ini memiliki luas 24.270 hektare, yang berada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. (RICKY MARTIN/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Kami adalah lima pengelana bersepeda motor yang mengejar matahari nan menjingga. Tampak panorama persawahan yang menggantikan deretan perumahan dalam perjalanan sebelumnya. Jalan berbalut aspal kota telah berlalu, kini kami menyusuri jalan berbingkai rumput desa. Iring-iringan kami tiba bersama senja di Kampung Bodogol, sekitar dua kilometer dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Dadang Suryana, yang berbusana seragam lapangan taman nasional, menyambut kedatangan tim Kelana Lestari. Wajahnya yang berjenggot tampak semringah. Dia sehari-hari bertugas sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Bogor di taman nasional ini. Dari kantor Resort Bodogol, Dadang memandu kami menuju tempat bermalam, yang berada di dalam taman nasional. “Malam nanti kita nginap di PPKAB—Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol. Kita menginap bersama di sana,” ujarnya. “Lembaga ini punya peran untuk memperkenalakan kekayaan alam hutan hujan tropis kepada masyarakat.”

Naungan tajuk pepohonan dan gerimis membuat perjalanan dalam kawasan taman nasional bukanlah perjalanan biasa. Lampu kelima sepeda motor kami membelah jalan yang licin karena sisa hujan siang tadi. Jalan yang kami susuri berada tepat di punggung Bukit Bojongpilar, kiri jurang dan kanan jurang.

Kami harus lebih waspada saat menggilas medan yang kadang berlumpur. Kendati jingga senja kian menggulita, kami masih bersemangat menyelesaikan perjalanan hari pertama ini. Deru ketangguhan mesin sepeda motor yang mereka kendarai menjadi salah satu pengunci semangat itu.

Baca Juga: Kelana Lestari: Perjalanan Muhibah Menuju Kawasan Konservasi

Tim Kelana Lestari meniti medan berlumpur dan kadang berbatu. Stamina pengendara dan ketangguhan mesin kendaraan menjadi kunci keyakinan untuk menyelesaikan rute di dalam kawasan konservasi ini, (RICKY MARTIN/National Geographic Indonesia)

Roda-roda kerap melaju pula di jalanan yang berbatu dan menanjak. Cabang-cabang pohon yang tumbang kerap melintang di tepian jalur, sehingga tim Kelana Lestari lebih waspada dalam perjalanan menyusuri gulita di kawasan konservasi ini.

“Motornya sangat pas untuk dipakai untuk bertualang,” kata Benardi Mardatu, awak tim Kelana Lestari yang mengendarai Kawasaki W175TR. “Kaki kaki dan suspensi sangat ajeg melibas tanah dan kerikil. Down clearance juga sangat pas dipakai menerabas, pengendara jadi fun dan nyaman untuk mengeksplor jalan, baik aspal dan nonaspal.”

Andriansyah telah menyiapkan santap malam bersama di ruangan berdinding terbuka. Sembari bersantap malam dengan sayur asem, kami pun berbincang dengan pemuda itu. “Kita di sini sedang mengembangkan Bodogol Kampung Hoya,” ujarnya, “sebagai ekonomi alternatif masyarakat. Rencana setiap rumah akan menanam hoya.”

Hoya merupakan tanaman berbunga yang biasa menjadi tanaman hias gantung karena menjalar. Tanaman cantik termasuk dalam suku Asclepidaceae, yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Kini, hoya menjadi salah satu potensi sumberdaya hayati yang terdapat di TNGGP. Setidaknya terdapat sepuluh spesies hoya di taman nasional ini, dan sebagian besar spesies itu hidup di Bodogol.

 Baca Juga: Pacu Adrenalin, Jelajahi Kaki Gunung Gede-Pangrango dengan Motor Trail

Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia, tengah memata-matai owa jawa. Primata yang berhabitat di TNGGS ini kerap dijuluki pesinden rimba karena nyayiannya. (RICKY MARTIN/National Geographic Indonesia)

Setiap ngarai dan lembah taman nasional ini memiliki laksa cerita. Andiansyah, yang juga selaku Koordinator Forum Interpreter, sedang mengembangkan wisata minat khusus berbasis cerita. Setidaknya dia dan kelompoknya menyajikan lima rute untuk pengunjung yang berminat menjelajahi secuil kawasan konservasi ini. “Kita juga sedang mengembangkan pencak silat, alat musik degung, dan mengembangkan permainan tradisional bebedilan,” ujar Andriansyah.