8 Masjid Tertua di Amerika yang Masih Kokoh Hingga Sekarang

By Fikri Muhammad, Senin, 27 April 2020 | 09:57 WIB
Masjid Michigan (Dane Hillard)

Nationalgeographic.co.id - Belum ada catatan yang jelas kapan orang muslim masuk ke Amerika untuk pertama kalinya. Namun, sejarawan percaya kehadiran mereka berasal dari wilayah Senegambia di Afrika pada awal abad ke-14.

Ada juga klaim bahwa Christopher Columbus menggunakan buku seorang muslim Portugis untuk melakukan perjalanan ke Dunia Baru pada abad ke-12.

Hal lain yang menjelaskan itu ialah bahwa gelombang pertama Muslim di Amerika adalah budak Afrika yang 10 hingga 15 persenya adalah Muslim. Para budak Muslim ini diyakini harus mempraktikkan agama mereka secara rahasia.

Baca Juga: Tiga Grafik Ungkap Bagaimana COVID-19 Memengaruhi Indsutri Pariwisata

Masjid paling awal di AS didirikan oleh umat Islam, sebagian besar dari Suriah dan Libanon, yang berimigrasi ke Amerika antara 1878 hingga 1924.

Banyak masjid ini telah digunakan secara terus menerus dan masih berdiri kuat bahkan ketika Islamofobia meningkat di Barat, khususnya di Amerika Serikat. Untuk itu, berikut delapan masjid tertua di Amerika Serikat menurut catatan oldest.org.

8. Masjid Maryam, 1972

Masjid Maryam (Zol87)

Masjid Maryam di Chicago berfungsi sebagai markas Nation of Islam--merupakan cabang Islam yang didirikan oleh orang Afrika-Amerika pada tahun 1930.

Bangunan tempat Masjid Maryam pada awalnya adalah Gereja Ortodoks Yunani terbesar di Amerika.

Lalu dibeli pada tahun 1972 oleh Yang Terhormat Elijah Mohammed, pemimpin Nation of Islam pada saat itu. Kemudian mengubah bangunan menjadi masjid.Pada tahun 1988, masjid itu dibeli kembali dan didedikasikan kembali oleh Menteri Louis Farrakhan, pemimpin Nation of Islam saat ini.

Di sebelah Masjid Maryam adalah Universitas Islam Muhammad, sebuah sekolah untuk anak laki-laki dan perempuan dari pra-sekolah sampai kelas 12.