Tak Hanya Sehat, Lima Buah Ini Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 28 Mei 2020 | 13:57 WIB
Lemon merupan salah satu buah yang bisa membantu menurunkan berat badan. (5second/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lima porsi buah-buahan merupakan cara terbaik untuk memperoleh hidup sehat tanpa penyakit.

Keuntungan lainnya, buah bisa membantu menurunkan berat badan karena mereka kaya akan serat, mengandung gula alami dan membuat kita kenyang lebih lama.

Baca Juga: Agar Pasien Biasa Tidak Tertular COVID-19 di Rumah Sakit, Ini Strategi yang Harus Dilakukan

Lalu, buah apa sajakah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan?

Semangka

Semangka (Geerati)

Semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak, yakni sekitar 90 persen. Seratus gram semangka hanya mengandung 30 kalori. Mereka kaya akan asam amino bernama arginine yang membantu membakar lemak.

Hal terbaik: semangka tidak hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi, tapi juga membuat kita kenyang lebih lama sehingga keinginan kita ngemil makanan tak sehat berkurang.

Apel

Apel (Lutfi Fauziah)

Apakah Anda tahu bahwa ada buah yang bisa mengurangi risiko kanker, memutihkan gigi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi diare sekaligus menurunkan berat badan? Itulah manfaat dari apel.

Satu apel berukuran sedang hanya mengandung 50 kalori. Buah ini tidak mengandung lemak dan sodium sama sekali. Sebuah studi dari Brazil menunjukkan, perempuan yang mengonsumsi apel sebelum makan, berat badannya turun hingga 33 persen dibandingkan yang tidak.