Saya Pejalan Bijak: Jika Anda Harus Bepergian Selama Pandemi, Inilah Cara yang Aman

By Fikri Muhammad, Selasa, 28 Juli 2020 | 20:17 WIB
Seorang penumpang di dalam pesawat United Airlines yang tidak berbayar menunggu untuk berangkat dari Bandara George Bush Intercontinental di Houston, Texas pada 11 Mei 2020. (JUSTIN SULLIVAN)

Nationalgeographic.co.id - Dokter tidak akan memberi Anda lampu hijau untuk bepergian selama pandemi. Namun, jika Anda harus benar-benar pergi ke suatu tempat saat ini, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

Bagaimana menuju tempat tujuan

Jika perjalanan Anda penting maka cara teraman adalah menghindari orang lain sebanyak mungkin. 

Salah satu cara termudah untuk mencegahnya adalah menghindari transportasi umum. Berkendara langsung ke tujuan Anda dengan kendaraan pribadi. Selain itu, jaga jarak selama berada di pesawat.

Baca Juga: Keindahan Danau Poso, Danau Ketiga Terbesar di Indonesia

"Pilih tempat duduk dekat jendela dan sejauh mungkin dari kamar kecil," kata Dr. Farley Cleghorn, kepala praktik kesehatan global di Palladium di National Geographic.

Bersihkan tangan setelah duduk di kursi Anda. Juga sebelum dan sesudah menyentuh wajah, seperti saat Anda melepas masker untuk makan.

Perlengkapan "pandemi"

Ketika meninggalkan rumah, Anda membutuhkan pengetahuan dasar tentang COVID-19. Gunakan masker wajah dan hindari area ramai. Sering-seringlah mencuci tangan atau menggunakan penyanitasi tangan. 

Gunakan masker dengan benar. “Saya melihat banyak orang yang mengenakan masker secara tidak wajar, yakni dengan bagian hidung terbuka,” kata Dr. Joyce Sanchez, seorang spesialis penyakit menular dan direktur medis dari Travel Health Clinic di Froedtert dan Medical College of Wisconsin.

"Ini berbahaya karena droplet dapat tersebar melalui mulut dan hidung, keduanya harus ditutup," imbuhnya. 

Tidur di tempat yang aman