Perdagangan Ilegal Sisik Trenggiling Masih Tinggi, Terparah 2019

By Fikri Muhammad, Selasa, 22 September 2020 | 13:17 WIB
Trenggiling. ()

Nationalgeographic.co.id - Penjualan sisiknya untuk pengobatan tradisional Tiongkok dan dagingnya sebagai makanan lezat, telah menjadikan trenggiling sebagai mamalia yang paling banyak diperdagangkan di dunia. 

Kelangsungan hidup trenggiling sangat terancam sehingga pada 2016, perdagangan komersial internasional melarang perdagangan hewan tersebut. 

Namun, meski begitu, sebuah laporan baru yang disampaikan ekslusif kepada National Geographic, menemukan bahwa perdagangan sisik dan daging trenggiling masih tinggi pada 2019. Di seluruh dunia, peningkatannya lebih dari 200 persen dari lima tahun sebelumnya. Ada sekitar 128 ton yang disita oleh penegak hukum.

Baca Juga: Berkat Konservasi, 48 Spesies Burung dan Mamalia Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan

Laporan yang diterbitkan oleh Center for Advanced Defense Studies (C4ADS), sebuah lembaga nirlaba yang menganalisis masalah keamanan transnasional, menunjukkan bahwa perdagangan trenggiling Afrika ke Asia untuk pengobatan tradisional terus berkembang.

Trenggiling merupakan mamalia dengan sisik asli pelat lapis baja yang terbuat dari keratin. Meskipun sisiknya mampu melindungi gigitan singa, tapi ia tidak berkutik melawan perburuan yang dilakukan manusia.

Lebih dari satu juta trenggiling diperdagangkan antara tahun 2000 dan 2014, menurut organisasi pemantau perdagangan satwa liar, Traffic. Tahun lalu, menjadi penyitaan sisik trenggiling dalam jumlah terbesar.

Seorang petugas penegak hukum di Pantai Gading, yang bertopeng untuk melindungi identitasnya, mengangkat kerangka luar dari trenggiling raksasa yang disita, yang sisiknya digunakan dalam pengobatan tradisional. (Brent Stirton)

Dalam satu minggu di April 2019, Singapura mencegat pengiriman 14,2 ton dan pengiriman 14 ton sisik, yang diperkirakan berasal dari lebih dari 70.000 trenggiling.

Kedua pengiriman tersebut berasal dari Nigeria, yang merupakan sumber lebih dari seperempat penyitaan trenggiling terkait Afrika dengan asal-usul yang diketahui dari 2015 hingga 2019, menurut temuan C4ADS.

Afrika Barat dan Tengah juga muncul sebagai titik panas yang jelas untuk perdagangan. Hampir 90 persen sisik trenggiling yang disita sejak 2015 berasal atau telah transit di wilayah tersebut, kata laporan itu.

Baca Juga: Ketika Pembangunan dan Pelestarian Berimpit di Taman Nirwana Sang Naga