Selain Green Canyon, Inilah Wisata Pangandaran yang Harus Dikunjungi

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 28 Februari 2021 | 16:00 WIB
Pemandangan pantai Lembah Putri, Kabupaten Pangandaran yang sepi pengunjung. (Afkar Aristoteles Mukhaer/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Aktivitas rafting di Green Canyon adalah destinasi kegiatan utama jika berkunjung ke Pangandaran yang membutuhkan tak sedikit biaya. Padahal ada banyak destinasi lainnya yang dapat dinikmati bila berpelesiran ke sana seperti pantai, hingga dataran tinggi.

Di masa pagebluk seperti ini jumlah pengunjung Pangandaran cukup sepi. Hal ini nampak ketika saya berkunjung, beberapa hotel yang memiliki banyak kamar terisi hanya segelintir saja. Penurunan jumlah pengunjung ini pun diamini oleh beberapa rekan saya yang merupakan warga Pangandaran.

Meski demikian, pemerintah provinsi Jawa Barat mengklaim bahwa Pangandaran kini tengah bersiap lewat pembangunan pariwisata pascapagebluk. 

“Saya yakin Pangandaran dan Jawa Barat secara umum akan pulih kembali pascapandemi Covid-19," ungkap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat dikutip dari rilis Agustus 2020. "Asalkan dirawat dengan baik, apalagi [jika] Pangandaran didesain dengan baik, ekonominya akan melompat," terang Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat pada Agustus 2020 dalam rilis.

 

Pantai Lembah Putri

Jika ingin menikmati sunset, selain di Pantai Barat Pangandaran juga bisa dinikmati di pantai Lembah Putri. Tak jauh di timur kota Pangandaran, tempat ini juga menyajikan pemandangan yang tak kalah indah.

Pemandangan di sisi barat, Anda dapat melihat kota Pangandaran dan cagar alam yang menjorok ke laut. Sedangkan di sisi timur, terdapat lembah kecil dan masih cukup asri. Sedangkan ombaknya pun besar dan cocok untuk kegiatan berselancar, meski pantai ini cukup sepi dari pengawasan.

Baca Juga: Menakjubkan, Salju Putih Selimuti Puncak Dua Gunung Berapi di Hawaii

Pantai Batu Karas

Merupakan salah satu wisata andalan di Pangandaran yang cukup dikenal bagi pelancong Nusantara maupun asing. Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat selancar terbaik di Pulau Jawa.

Pantai ini memiliki dua tempat yang berbeda ketinggian ombaknya untuk berselancar maupun bagi yang baru belajar. Berbeda dengan Pantai Lembah Putri, ada banyak penginapan dan tempat penyewaan papan untuk selancar maupun paddling.

Untuk mengakses Pantai Batu Karas, Anda bisa melewati wisata Green Canyon. Jika menggunakan kendaraan roda dua, Anda dapat melewati jembatan gantung yang menjadi daya tarik Batu Karas lainnya.

Pantai Madasari dan Sebrotan

Semenanjung Pantai Madasari yang disuguhkan deburan ombak yang menerjang karang. (Afkar Aristoteles Mukhaer & M. Iqbal Syis)

Secara letak kedua pantai ini tak jauh dari Pantai Batu Karas, tetapi untuk mengaksesnya harus memutar karena jalannya belum terhubung.

Karena menghadap ke timur, Anda dapat menyaksikan matahari terbit yang bersih jika hendak berkemah. Terlebih, di Pantai Madasari terdapat semenanjung kecil yang cocok untuk berkemah dan memancing ikan.

Baca Juga: Janji Bagi Nusa Bunga